Yansen-Saharudin Akhirnya Resmi Jadi Paslon Pilkada Sekadau

Yansen-Saharudin Akhirnya Resmi Jadi Paslon Pilkada Sekadau

IndoElection.com, Sekadau  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sekadau menggelar rapat pleno terbuka tentang pentetapan pasangan calon dan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Sekadau 2015.

Kegiatan yang dilaksanakan di aula KPU Sekadau pada Rabu (9/9/2015), guna menetapkan pasangan calon Yansen Akun Effendy dan H. Saharudin, sebagai calon yang sah untuk ikut dalam pilkada Desember mendatang.

KPU secara resmi telah menetapkan paslon tersebut setelah sebelumnya juga paslon tersebut telah lolos dari Panwaslu kabupaten Sekadau. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sekadau Gusti Mahmud Buang menjelaskan, bahwa rapat pleno tersebut membahas tentang pembatalan SK yakni, SK KPU Sekadau nomor 78/Kpts/KPU-Kab/019.435718/2015, KPU Sekadau kala itu menyatakan Yansen-Sahar tidak lolos dalam syarat administrasi menyusul polemik legalitas LHKPN milik Saharudin.

Buang mengatakan, sebelum melakukan rapat pleno tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dan berkonsultasi terlebih dahulu dengan KPU Kalbar dan KPU RI sebelum menetapkan putusan tersebut. “Karena KPU sifatnya hierarkis, jadi kami harus koordinasi dulu ke provinsi dan pusat,” jelas Mahmud.

Adapun SKyang dibahas pada pleno tersebut berdasarkan pasal 69 ayat 1 pada Peratutan PKPU nomor 9 2015, tentang pencalonan buapti dan wakil bupati, sebagaimana telah diubah dengan peraturan PKPU nomor 12 tahun 2015, dan keputusan KPU Sekadau nomor 79/ktps/KPU-kab/019.435718/2015. (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*