Wow Para Pemilik Pusaka Sebut Tanda Alam Tunjukkan Rasiyo Menang

Wow Para Pemilik Pusaka Sebut Tanda Alam Tunjukkan Rasiyo Menang

IndoElection.com, Surabaya – Para pemilik pusaka di Surabaya mendukung pasangan Cawali-Cawawali nomor satu, Rasiyo – Lucy Kurniasari.

Dukungan disampaikan bersamaan dengan prosesi jamasan pusoko atau pencucian pusaka setiap bulan Syuro, di wilayah Kendangsari, Surabaya, Selasa (20/10/2015) malam.

Paklik Rasiyo hadir langsung di antara puluhan orang pemilik pusaka yang diruwat bersama ratusan warga lainnya.

Mbah Karni (68), tokoh masyarakat yang memiliki lebih dari 100 pusaka, mengatakan jumlah pusaka keramat yang dicuci 200 buah. Ratusan pusaka tersebut milik para penggemar dan kolektor pusaka di Surabaya.

Jenisnya beragam, mulai keris, tombak, patrem, pedang, trisula, badik, rencong, batu kapak kuno, dan berbagai jenis lainnya.

“Rata-rata merupakan pusaka bertuah dan andalan yang menjadi monumen nasional serta dirawat dengan baik oleh pemiliknya,” ujarnya.

Menurut Mbah Karni, ruwatan dan pencucian pusaka dilakukan setahun sekali. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan air degan kelapa hijau, jeruk nipis, pace, dan kembang setaman.

“Selain itu, wayang juga kita pakai sebagai media untuk memprediksi kondisi alam,” tegas kakek sembilan cucu ini.

Nah, berdasarkan pertanda alam yang dilihat dan dirasakannya, mantan Guru SMPN 11 dan SMPN 16 Surabaya ini yakin pasangan Rasiyo – Lucy yang diusung Partai Demokrat dan PAN bisa mengalahkan pasangan petahana Tri Rismaharini – Whisnu Sakti Buana yang diusung PDIP.

“Pertanda alamnya seperti itu. Insya Allah Pak Rasiyo menang, meski dengan selisih suara yang tipis,” terangnya.

Disinggung alasan pemilik pusaka di Surabaya mendukung Rasiyo, karena mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jatim sekaligus Sekdaprov Jatim ini dinilai sangat peduli dengan pendidikan dan kebudayaan.

Pendidikan menjadikan anak-anak pandai sehingga tidak mudah dibodohi dan dijajah pihak lain. Sedangkan kebudayaan merupakan simbol perilaku manusia secara terus menerus dari masa ke masa.

“Dengan peduli kebudayaan, kalau nanti Paklik Rasiyo jadi Wali Kota beliau lebih bisa memanusiakan manusia,” pungkasnya.

Cawali Rasiyo mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa restu dari pemilik pusaka di Surabaya. Pihaknya juga berjanji akan mempertahankan budaya dan tradisi asli warga Kota Metropolis ini, ditengah serbuan dan bombardir globalisasi.

“Makanya, semoga dukungan Panjenengan semua ini diwujudkan dengan mencoblos pasangan Rasiyo – Lucy tanggal 9 Desember nanti,” harap Paklik Rasiyo. (dik)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*