Ungkap Kecurangan Pilkada, Dana Kampanye Akan Diaudit

Ungkap Kecurangan Pilkada, Dana Kampanye Akan Diaudit

IndoElection.com, Bengkulu – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu, Parsadaan Harahap mengatakan, setiap pelanggaran kampanye akan terbongkar, sebab menurutnya audit dana kampanye akan mendeteksi setiap pelanggaran kampanye yang dilakukan oleh Calon Kepala Daerah.

“Semua pelanggaran pastikan akan diketahui, sebab ada mekanisme audit dana kampanye. Jadi bila ada Cakada yang terbukti melanggar aturan, maka akan jadi masalah untuk yang bersangkutan,” katanya, Rabu (02/09/2015).

Untuk itu Parsadaan meminta kepada semua kandidat yang bersaing dalam Pilkada serentak untuk mentaati aturan yang sudah ada dan tidak menggunakan cara-cara yang dilarang oleh KPU dalam melakukan Kampanye politik.

“Aturan sudah ada, seperti sembilan item Alat peraga kampanye yang boleh disiapkan oleh kandidat tidak boleh lebih dari angka Rp25.000. Silahkan berjalan sesuai dengan aturan, kalau tidak patuh aturan pasti kelak akan bermasalah. Nanti akan ada sanksi sesuai dengan jenis pelanggarannya, mulai dari sanksi administrasi sampai sanksi Pidana,” tegasnya.

Audit dana kampanye tersebut baru akan dilaksanakan setelah tahapan kampanye Pilkada selesai. Audit ini akan dilaksanakan oleh Tim audit Independen yang akan dibentuk oleh KPU. Setelah Audit data Kampanye selesai dilanjutkan dengan ekspos pelanggaran Cakada kepada Publik melalui Media Massa.

Seperti yang diketahui bahwa tahapan Pilkada sudah memasuki masa kampanye hingga 5 Desember kelak. berbeda dengan kampanye sebelumnya yang hanya berlangsung 14 hari, kampanye Pilkada 2015 berlangsung selama 99 hari. (dik)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*