Undian Paslon Pilkada Kota Mataram Telah Usai, Ini Hasilnya

Undian Paslon Pilkada Kota Mataram Telah Usai, Ini Hasilnya

IndoElection.com, Mataram – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram menggelar tahapan penarikan undian nomor urut pasangan calon (Paslon) walikota dan wakil walikota yang akan mengikuti Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Penarikan nomor urut ini dilakukan oleh kedua paslon yakni, pasangan H Ahyar Abduh-H Mohan Roliskana (AMAN) yang diusung oleh enam partai politik (parpol) yaitu PAN, HANURA, PKS, NASDEM, PKPI dan PKB, mendapat nomor urut 1 (satu), sedangkan rivalnya pasangan H Salman-Jana Hamdiana (SAHAJA) yang diusung oleh partai Golkar mendapat nomor urut 2 (dua).

Proses penarikan nomor urut yang diikuti oleh dua paslon yakni AMAN dan SAHAJA disalah satu hotel berbintang di Kota Mataram tersebut berlangsung dengan penuh gegap gempita dan sorak dari masing masing pendukung, relawan dan simpatisan, pada Rabu (16/9/2015) pagi.

Penarikan nomor urut yang dilakukan dalam rapat pleno terbuka dipimpin langsung oleh ketua KPU Kota Mataram. Selain dihadiri langsung oleh kedua pasangan calon, juga tim dan ratusan simpatisan serta dari pihak Panwaslu dan sejumlah anggota dewan Kota Mataram.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU Kota Mataram, Ainul Asikin mengatakan bahwa penarikan nomor urut kedua pasangan calon ini dilakukan dalam rangka pilkada serentak yang dilaksanakan pada 9 desember 2015. “Nomor urut ini penting sebagaimana diatur dalam pasal 72 PKPU Nomor 9 tahun 2015, yang diubah dalam PKPU Nomor 12 tahun 2015”, kata Ainul Asikin menjelaskan.

Menurut Asikin, nantinya nomor urut dari para pasangan calon yang baru ditarik akan digunakan untuk menyusun daftar dan nomor urut nama pasangan, kemudian untuk keperluan kampanye dan untuk mencetak surat suara serta dipasang di setiap TPS pada saat pemungutan suara.

Ditemui setelah penarikan nomor urut, calon walikota dari pasangan AMAN, H Ahyar Abduh mengatakan bahwa setelah penarikan nomor urut yang mana pasangannya mendapat nomor 1, selanjutnya akan mengikuti tahapan kampanye pilkada kota Mataram.

Selain itu, calon incambent ini juga berharap agar pelaksanaan pemilihan walikota Mataram yang akan dilaksanakan serentak pada 9 Desember 2015, bisa berjalan dengan apa yang diharapkan. “kita berharap agar proses pilkada kota Mataram ini berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan, berjalan sesuai dengan tahapan dan tidak ada kendala”, harap calon petahana paslon AMAN ini.

Sementara itu, calon walikota dari pasangan SAHAJA yakni H Salman SH mengatakan, bersama dengan Jana Hamdiana tidak ada keraguan maju dalam pilkada ini dengan melawan pasangan AMAN. “Kita sudah biasa jadi petarung, intinya wajar satu rumah dua petarung”, tegasnya.

Namun ketika ditanya apa makna dari nomor urut 2 (dua), bagi pasangan SAHAJA, Salman dengan lugas mengatakan arti nomor 2, bahwa pihaknya keluar dari satu rumah dan wajar jika mendapat nomor belakangan.

“kalau kami ini di istilahkan belakangan, wajar karena kami lebih muda dan kita serahkan pada masyarakat mau pilih saudara tua atau muda”, pungkasnya. (dik)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*