Tips Tetap Sehat dan Menarik Saat Beribadah Puasa dibulan Ramadhan

Tips Tetap Sehat dan Menarik Saat Beribadah Puasa dibulan Ramadhan

Menjalankan ibadah puasa saat Ramadhan merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim. Pada dasarnya, ibadah puasa adalah tidak makan dan minum dari terbitnya fajar hingga adzan maghrib berkumandang. Pada tentang waktu tersebut, tubuh akan bekerja keras memenuhi kebutuhan energi dan menghemat air hingga tubuh cenderung lemas dengan cepat. Jika Anda tidak mengontrol jenis makanan yang Anda konsumsi, tentu saja Anda tidak dapatkan memancarkan pesona kecantikan Anda.

Untuk membantu Anda tetap sehat dan menarik saat menjalankan ibadah puasa, Kami merangkum beberapa tips sehat saat berpuasa. Harapannya, dengan tips ini Anda akan dapat menjalankan ibadah puasa tanpa gangguan kesehatan dan tetap tampil cantik menarik.

  • Minumlah Air yang Cukup

Lebih dari separuh penyusun tubuh makhluk hidup adalah air. Selain itu, air merupakan pelarut universal yang dibutuhkan dalam seluruh proses biokimiawi dalam tubuh. Tanpa air, tubuh akan cepat lemas dan kulit akan tampak lebih kering serta kusam. Oleh karena itu, pastikan tubuh dapat suplai air yang cukup dengan meminum air secara bertahap saat malam hari.

  • Konsumsi Buah-buahan yang Cukup

Selain mengonsumsi air putih, buah-buahan dapat menjadi suplai air yang baik untuk tubuh Anda. Buah-buahan juga memiliki banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk memaksimalkan metabolisme sel dan menjaga daya tahan tubuh. Konsumsilah buah-buahan yang mengandung banyak air dan berwarna seperti jeruk, semangka, mangga matang, jambu dan buah-buahan lain.

  • Pastikan Makanan Berbuka dan Sahur Anda Seimbang

Saat berpuasa, keseimbangan makanan yang Anda dan keluarga Anda konsumsi sangatlah penting. Pastikan hidangan yang Anda santap mengandung nutrisi makro dan mikro yang cukup. Seperti menggunakan sumber karbohidrat berupa nasi dan umbi-umbian yang lebih rendah kalori. Sumber protein berupa tahu dan tempe sebagai sumber protein nabati, sumber protein hewani berupa susu dan produk turunannya seperti keju, telur, ikan, daging sapi atau ayam. Sumber vitamin berupa sayur-sayuran dan buah-buahan.

  • Hindari Fast Food dan Junkfood

Fast Food dan Junk Food mengandung banyak MSG, garam dan zat tambahan makanan lain yang justru akan memperberat kinerja tubuh Anda saat berpuasa. Oleh karena itu, hindarilah kedua jenis makanan tersebut. Lebih baik Anda memasak sendiri makanan Anda dirumah agar kesehatan dan keseimbangannya lebih terjamin.

  • Hindari Minuman berkafein

Meminum kopi dan the mungkin menjadi kebiasaan bagi beberapa orang. Namun, efek diuretik (pemicu pembentukan urin) dari kafein akan membuat Anda kehilangan cairan dengan cepat. Oleh itu, sebisa mungkin perkecil jumlah intake kafein Anda. Jika memungkinkan, hindari mengkonsumsi makanan atau minuman berkafein.

Demikian tips kesehatan saat melaksanakan ibadah puasa ini. Semoga dapat membantu Anda dan keluarga Anda tetap sehat dan tampil menarik serta memesona!

Sumber inspirasi : http://www.pancarkanpesonamu.com/

Categories: Artikel

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*