Tips Memilih Helm Full Face

Bagi seorang pengendara motor, helm adalah benda vital yang harus dimiliki. Pasalnya, helm memiliki fungsi penting yaitu untuk melindungi kepala disaat berkendara. Jika terjadi benturan, kepala akan aman karena yang terbentur pertama kali ke aspal adalah helm.

Selain sebagai alat pelindung keselamatan, kini helm juga memiliki fungsi sekunder yaitu untuk aksesoris penampilan si pengendara. Sudah banyak helm yang diproduksi dengan berbagai jenis dan desain supaya pengendara tampil keren. Tetapi harus selalu diingat, bahwa helm yang memiliki desain keren juga harus bisa melindungi keselamatan pengendaranya. Jadi jangan hanya mengincar penampilan tetapi ternyata helm yang Anda pilih tidak memiliki fungsi utama sebagai pelindung kepala yang baik. Maka dari itu, kini pemerintah sedang gencar memberi penyuluhan kepada pengendara motor untuk memilih helm yang berkualitas dan memiliki standar nasional atau SNI. Helm dengan SNI tentu jauh lebih baik dibanding dengan helm yang hanya sekadar mementingkan desain bagus.

Terdapat dua jenis helm yang beredar di pasaran, yakni helm full face dan helm half face. Apa bedanya? Helm full face memiliki pelindung hingga bagian rahang , sedangkan half face tidak. Menurut sebuah studi, helm full face jauh lebih aman dibandingkan dengan helm half face jika terjadi kecelakaan. Bahkan helm half face ternyata sama berbahayanya dengan pengendara yang tidak memakai helm sama sekali. Jadi sebaiknya pilihlah helm full face agar keselamatan Anda lebih terjamin.

Bagaimana cara memilih helm full face yang baik?

Ada beberapa tips untuk Anda yang masih kebingungan bagaimana cara memilih helm full face yang bagus dan berkualitas. Yuk, simak tips berikut ini.

Perhatikan ukuran helm

Pilihlah helm yang ukurannya pas di kepala Anda agar nyaman dipakai data berkendara. Di pasaran terdapat banyak ukuran helm, jadi cobalah beberapa helm yang sekiranya membuat Anda nyaman. Kenakan helm dengan benar seperti akan berkendara, lalu gelengkan kepala ke kanan dan kiri untuk memastikan helm memang benar-benar menempel erat. Jika pelipis Anda terasa sempit, segera pilih helm yang ukurannya lebih besar dari itu. Namun juga jangan pilih yang terlalu longgar karena justru akan membuat helm mudah lepas ketika terbentur.

Perhatikan kaca pelindung

Kaca pelindung atau visor memiliki berbagai jenis. Ada yang bening, gelap, pelangi, dan lainnya. Bagi Anda yang tidak suka silau, pilihlah yang gelap atau pelangi. Lalu jika Anda lebih suka penglihatan yang jelas, pilihlah kaca pelindung yang bening. Ingin dua-duanya? Pilih helm full face dengan double visor. Helm ini didesain untuk Anda yang ingin menggunakan kaca pelindung gelap supaya tidak silau di siang hari, dan juga kaca pelindung bening supaya penglihatan di malam hari lebih jelas.

Pilih helm yang memiliki bagian dalam yang lembut

Perhatikan bahan kain yang digunakan pada bagian dalam helm. Pilihlah bahan dari kain yang lembut dan dapat menyerap keringat. Karena saat berkendara kepala pasti berkeringat dan lembab. Maka jika bahan dalam helmnya lembut, pengendara pun akan tetap nyaman walaupun dikenakan dalam waktu yang lama.

Pilih helm yang memiliki standar keamanan

Sangat dianjurkan untuk Anda memilih helm yang memiliki standar keamanan seperti SNI, SNELL, atau DOT. Helm dengan standar seperti ini tentu lebih aman dan baik untuk keselamatan pengendara. Memang harganya cukup tinggi, namun jika dapat menyelamatkan jiwa Anda, mengapa tidak? Jika ingin langsung membeli helm full face dengan harga terbaik, MatahariMall menyediakan beberapa tipe dan merek ternama untuk Anda.

Di MatahariMall.com, semua helm full face yang dijual sudah bertanda SNI jadi Anda tidak perlu takut lagi salah membeli helm yang ternyata tidak berstandar SNI. Jika Anda sedang mencari helm full face, MatahariMall adalah tempat yang tepat.

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagi untuk Anda, semoga bermanfaat.

Categories: Artikel

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*