Tiga Pasang Calon Pilkada Kota Tomohon ‘Perang’ Slogan

Tiga Pasang Calon Pilkada Kota Tomohon ‘Perang’ Slogan

IndoElection.com, Tomohon – Pasangan kandidat Pilkada Tomohon ‘perang’ slogan kampanye.

Pasangan Johny Runtuwene – Vonny Paat punya slogan bahasa Tombulu Pah Wali Walian Wangunen Umbanua Tou’ Muun.

Sedangkan Pasangan Jimmy Eman-Syerly Sompotan (Emas) menggunakan slogan ‘Lanjutkan’

Linneke Watoelangkow-Ferdinand Turang (Berlian) memakai slogan ‘Membangun Tomohon Seutuhnya’

Pasangan Jonru-VoP memilih slogan bahasa Tombulu, sub etnis mayoritas di Kota Tomohon.

Di berbagai kesempatan, Jonru kerap menampilkan kebolehannya berbahasa Tombulu. Slogan itu diartikan bersama dan bersama-sama membangun kota Tomohon.

Judi Turambi, Juru Bicara Jonru-VoP mengatakan, tema ini sengaja dipilih karena sebagai orang Tomohon Jonru-VoP mengajak seluruh masyarakat Tomohon agar bersama-sama mau membangun Kota Tomohon

“Ini sangat menyentuh karena akar budaya Minahasa khususya Tombulu yang ditonjolkan adalah mapalus atau gotong royong,” kata dia

“Inilah yang menginspirasi Jonru-Vop menjadikan tagline bahwa Kota Tomohon harus dibangun secara bersama-sama atau mapalus seluruh masyarakat Tomohon,” sebutnya jubir pasangan nomor urut 1 ini.

Selain itu ada juga tagline, pasangan Jonru-VoP yakni Jonru Victory of People artinya Jonru kemenangan rakyat.

Dalam kampanye awalnya, Jonru memposisikan diri sebagai figur merakyat mencontoh kampanye Jokowi di Pilpres. Salah satu slogannya Jonru adalah Torang.

Pasangan Emas mengangkat slogan lanjutkan, seperti slogan yang sukses mengantar pasangan mantan presiden SBY-Boediono di Pilpres 2009.

Slogan lanjutkan mengartikan, lanjutkan pemerintahan periode ke dua Walikota Jimmy Eman. Dalam berbagai kesempatan kampanye, Eman selalu menonjolkan slogan lanjutkan tersebut.

Semisal saat kampanye di Kelurahan Paslaten I Kecamatan Tomohon Timur.

Eman menyampaikan, jika dipercayakan untuk melanjutkan memimpin Kota Tomohon, masyarakat akan terlayani kesehatan dengan gratis

“Saat ini sudah 70 ribu yang terlayani, di 2016 semua warga Tomohon akan memperoleh kesehatan gratis,” ujarnya.

Selain lanjutkan, ada lagi tagline Jess jo. Syerly Sompotan mengatakan, Jess singkatan dari Jimmy Eman dan Syerly Sompotan. Tagline itu mengajak, warga untuk memilih pasangan nomor urut 2.

Berhubung pasangan ini memperoleh nomor 2, kubu Emas mengadopsi kampanye salam dua jari yang dipopulerkan saat kampanye Presiden Jokowi-JK 2014 silam

Ferdinad ‘Mono’ Turang, calon wakil walikota nomor urut 3 mengungkapkan memilih slogan membangun Tomohon seutuhnya diartikan pembangunan melalui pemerataan kesejahteraan.

“Konsep pembangunan yang ditawarkan selalu menjadi retorika tapi persoalannya apa saat ini sudah dinikmati dan merata bagi seluruh masyarakat kota Tomohon?” ujar Anggota DPRD Tomohon ini.

Perataan kesejahteraan bisa dilakukan lewat program Jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang kurang mampu bukan hanya sebagian saja.

Insentif pendidikan seperti dana BOS harus menyentuh seluruh siswa kurang mampu, atau Pembangunan infrastruktur harus merata di seluruh wilayah Tomohon sampai ke daerah pinggiran

“Pemimpin di Tomohon harus memimpin denga hati bisa memahami masyarakat secara keseluruhan bukan memahami kepentingan golongan atau kelompok saja,” sebut dia.

Selain itu, pasangan nomor urut 3 itu mempopulerkan nama menjadi Berlian yang diartikan Bersama Lineke Ferdinand. Berlian merupakan batu mulia langka menyaingi nama Emas milik pesaingnya pasangan Eman-Sompotan. (dik)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*