Tiga Calon Pilkada Di Bintan Belum Punya SK Pemberhentian

Tiga Calon Pilkada Di Bintan Belum Punya SK Pemberhentian

IndoElection.com, Bintan – Surat Keputusan (SK) Pemberhentian Apri Sujadi, Khazalik dan Indra Setiawan hingga saat ini belum juga diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan.

Padahal, ketiga orang ini akan berlaga pada Pemilihan umum daersh (Pilkada) yang diadakan di Kabupaten Bintan.

Mengacu Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2015, setiap calon kepala daerah yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) maupun anggota legislatif, wajib menyertakan SK Pemberhentian dari lembaga yang berwenang.‬

Pada gelaran Pilkada Bintan tahun ini, tercatat ada tiga kandidat yang wajib mengikuti PKPU Nomor 12 tersebut.

“Sejauh ini ketiganya belum ada satupun yang menyerahkan surat keputusan (SK) Pemberhentian. Sementara untuk pengunduran dirinya sudah. Yang kita butuhkan itu adalah SK-nya,” sebut Wandra menerangkan, Senin (12/10) siang.

Lebih lanjut dikatakan Wandra, surat pengunduran diri berbeda dengan SK Pemberhentian. Sebab SK Pemberhentian harus diterbitkan dan ditandangani oleh lembaga lebih tinggi yang menaunginya.
Cabup nomor urut dua, Khazalik harus mengantongi SK Pemberhentian dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Pasangan Khazalik, Indra Setiawan dari SK Pemberhentian yang ditandatangani Penjabat Gubernur Kepulauan Riau dan Cabup nomor urut satu, Apri Sujadi yang wajib mengantongi SK Pemberhentian dari Kementerian Dalam Negeri.‬

Juga merujuk PKPU tersebut, batas terakhir pengantaran SK Pemberhentian masing-masing calon ini sepaling-paling lambatnya 24 Oktober mendatang atau 60 hari setelah ditetapkan oleh KPU Bintan sebagai pasangan calon kepala daerah. “Masih ada 12 hari lagi,” terang Wandra. (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*