Temukan DPT Fiktif Pilkada Ogan Ilir, Helmy Yahya Lapor Ke KPU

Temukan DPT Fiktif Pilkada Ogan Ilir, Helmy Yahya Lapor Ke KPU

IndoElection.com, Jakarta – Pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ogan Ilir, Helmy Yahya dan Muchendi melaporkan temuan tentang adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang diduga fiktif dan bermasalah ke pihak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kami menduga ada penggelembungan DPT sebesar 63 ribu. Demi tegaknya demokrasi yang jujur dan adil, kami berharap kasus ini dapa diusut tuntas,” kata Helmy saat ditemui di kantor KPU di kawasan Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015).

Sebelumnya pasangan bernomor urut 1 ini sudah melaporkan temuan mereka ke KPU Daerah Ogan Ilir. Namun karena respons yang diterima belum memuaskan, mereka lalu membawa persoalan ini ke KPU Provinsi Sumatera Selatan dan hari ini, KPU Pusat serta DKPP.

Sebelumnya, Ketua KPU Daerah Sumatera Selatan, Aspahani menegaskan komitmennya untuk segera turun ke Ogan Ilir demi mengusut kasus ini. Jika terbukti ada unsur kesengajaan, menurutnya KPU Daerah Ogan Ilir bisa dipidanakan.

“Jika terbukti KPUD Ogan Ilir tidak cermat dan lalai dalam penyusunan DPT, apalagi ditemukan adanya unsur kesengajaan, dapat didemisionerkan. Bahkan, permasalahan ini bisa dibawa ke ranah hukum. Bisa dipidana,” ujar Aspahanai, kemarin. (dik)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*