Survei: Ma’mun-Batia Ungguli Petahana Di Pilkada Banggai

Survei: Ma’mun-Batia Ungguli Petahana Di Pilkada Banggai

IndoElection.com, Banggai – Media Survei Indonesia (MSI) menempatkan calon bupati dan wakil bupati Banggai, Sulawesi Tengah, Mamun Amir-Batia Sisilia Hadjar yang diusung Partai Nasional Demokrat (NasDem) unggul dari pasangan calon petahana yang “pecah kongsi” dalam Pilkada 2015.

“Mamun-Batia didukung 38,1 persen, sementara Sofhian Mile-Sukri Djalumang 22,5 persen dan Herwin Yatim-Mustar Labolo 14,9 persen,” ujar Direktur MSI Asep Rohmatullah dalam rilis yang diterima di Jakarta, Minggu (6/9/2015).

Asep mengatakan, survei dilakukan dengan mewawancarai 600 respoden secara acak (random). “Masih ada undecided votters sebanyak 24,5 persen,” ujarnya menegaskan.

Dia menjelaskan, alasan publik lebih memilih Mamun-Batia karena pasangan ini merupakan pemimpin yang hadir di masyarakat (32,3 persen). Berikutnya pemimpin yang peduli (13,8 persen), mampu memngatasi masalah ekonomi (12,9 persen), pemimpin yang melayani (10,6 persen) serta mampu menciptakan keamanan/ketertiban (10,6 persen).

Pada periode survei Agustus 2015 ini, tingkat popularitas semua kandidat bupati sudah di atas 90 persen. Sofhian Mile dikenal 95 persen, Herwin Yatim (93,3 persen) dan Mamun Amir (93 persen).

Sedangkan untuk pengenalan calon wakil bupati, Sukri Djalumang (82,4 persen), Batia Sisilia Hadjar 81,5 (persen) serta Mustar Labolo (75,7 persen). “Popularitas Ma’mun-Batia paling efektif dibanding kandidat lainnya, karena pasangan kandidat ini lebih banyak disukai,” ujar Asep

Menurut Asep, dukungan terhadap Mamun-Batia ini hampir merata di semua segmentasi pemilih berdasarkan gender, agama, suku, pekerjaan, pendidikan dan partai. “Pemilih agama Islam, Protestan dan Hindu terindentifikasi mendukung pasangan ini,” katanya.

Sementara pada segmen pemilih suku, Mamun-Batia unggul di pemilih suku Saluan, Jawa, Bali, Balantak, Bugis, Banggai, Bali, Kaili dan Toili. “Khusus untuk pemilih suku Saluan dan Bugis angka dukungannya sebesar 37,3 persen dan 36,2 persen.

Pada pemilih partai, Mamun-Batia didukung oleh pemilih Partai Golkar, NasDem, PKS, PKB, PPP, PDIP dan Gerindra. “Menariknya, grass root PDIP dan Gerindra juga lebih banyak mendukung pasangan calon ini. Terlihat dukungan suara elit pada kedua pasangan lain tak berbanding lurus dengan suara akar rumput.” kata Asep.

Survei MSI dilakukan pada 21-29 Agustus 2015. Menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error +/- 4,0 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. (dik)

Categories: Survei

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*