Survei Klaim Pendukung Risma Akan Golput, Benarkah?

Survei Klaim Pendukung Risma Akan Golput, Benarkah?

IndoElection.com, Surabaya – Koordinator Tim Semut Barisan Muda Penegak Amanat Nasional, Andi Roy, mengatakan lembaganya mendapatkan hasil survei mengejutkan untuk pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana.

Menurut dia, dari hasil survei, pendukung pasangan calon tersebut akan golput saat Pilkada Serentak yang akan digelar pada 9 Desember 2015.

Menurut dia, para pendukung pasangan tersebut beralasan tak perlu datang ke TPS karena optimistis jika Risma-Whisnu akan menang dalam Pilkada Surabaya. “Sikap semacam ini sangat konyol,” kata Andi saat jumpa pers di Hotel Midtown Jalan Basuki Rahmat, Surabaya, Ahad, 6 Desember 2015.

Agus mengatakan, dari hasil penelitian yang dilakukan oleh timnya sejak 24-30 November 2015, dari 558 responden warga Kota Surabaya, diketahui bahwa sebanyak 285 atau 51 persen responden akan memilih dan datang ke TPS (tempat pemungutan suara), sedangkan sebanyak 273 atau 49 persen akan golput atau tidak akan datang ke TPS.

Sayangnya, Tim Semut Biru BM PAN tidak menjelaskan secara rinci hasil survei tentang elektabilitas kedua pasangan calon yang berlaga di Pilkada Surabaya. Alasannya, semakin sering hasil survei dipublikasikan, maka akan semakin banyak warga yang malas datang ke TPS. “Jadi, kami mohon maaf kepada media dan masyarakat,” kata dia.

Menyikapi angka golput itu, Andi mengajak dan menyerukan seluruh warga Kota Surabaya menggunakan hak pilihnya pada 9 Desember mendatang. “Golput itu memang hak politik masyarakat, namun pilihan golput itu bukanlah yang terbaik,” kata dia.

Menurut Andi, dalam meminimalisir angka golput itu, maka kedua tim pemenangan pasangan calon harus berusaha mengajak pendukungnya hadir ke TPS. Selain itu, KPU Kota Surabaya juga harus lebih giat mensosialisasikan Pilkada. “Kami kira sampai saat ini KPU masih kurang sosialisasi,” kata dia. (ren)

Categories: Survei

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*