Sultan vs Rohidin Mersyah Berebut Suara Di Semaku

Sultan vs Rohidin Mersyah Berebut Suara Di Semaku

IndoElection.com, Bengkulu – Munculnya nama Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Selatan, Rohidin Mersyah yang berdampingan dengan Ridwan Mukti dalam pertarungan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu 9 Desember kelak, tak pelak membuat dukungan warga dari Kabupaten Seluma, Manna dan Kaur (Semaku), akan terpecah.

Pasalnya Calon Gubernur (Cagub) Nomor Urut 2, Sultan B Najamudin, pastinya juga meyakini jika ‘kantong suaranya’ juga akan didominasi dari 3 kabupaten tersebut. Namun sepertinya Sultan lebih diunggulkan bakal mendulang suara warga Semaku yang berdomisili di luar ketiga kabupaten tersebut.

Pengamat politik, Azhar Marwan mengatakan, Rohidin Mersyah akan memecah suara di basis Sultan. “Suara di Selatan (Semaku,red) pasti pecah karena hadirnya Rohidin Mersyah sebagai Cawagub dari Ridwan Mukti. Selama ini kita ketahui etnis Selatan memiliki ikatan premordial yang kuat. Mereka hanya akan memilih kandidat asal suku mereka,” katanya, Kamis (9/9/2015).

Namun demikian, sambungnya, Sultan memiliki keunggulan di luar Semaku. “Posisi Sultan sebagai Wakil Gubernur Bengkulu saat ini, menjadi keuntungan tersendiri bagi dirinya. Karena ia memiliki akses untuk lebih dikenal oleh warga Selatan di luar 2 kabupaten (Semaku). Keunggulan popularitas inilah yang tidak dimiliki Rohidin Mersyah. Karena ia hanya dikenal di wilayah Selatan saja,” ungkapnya.

Azhar menambahkan, tidak menutup kemungkinan Rohidin Mersyah dapat menaikan popularitasnya di sisa-sia waktu menjelang hari H Pilgub 9 Desember kelak. Rohidin masih memiliki waktu sekitar 3 bulan untuk menggenjot popularitasnya.

“Masih punya 3 bulan bagi Rohidin Mersyah agar dapat meningkatkan popularitasnya di luar Semaku. Tapi popularitas Sultan maupun Rohidin Mersyah belum tentu berpengaruh terhadap elektabilitas mereka,” demikian tuturnya. (dik)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*