Sudah Ditetapkan, DPT Pilkada Sumenep Belum Diumumkan

Sudah Ditetapkan, DPT Pilkada Sumenep Belum Diumumkan

IndoElection.com, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan bupati/ wakil bupati setempat sebanyak 903.164. Penetapan DPT tersebut telah dilakukan pada Jumat (02/10/15). Namun sampai saat ini DPT itu belum diumumkan ke masyarakat luas.

“Saat ini masih dalam proses pencetakan DPT. Mungkin satu-dua hari ini pencetakan DPT itu akan selesai, dan DPT bisa diumumkan ke khalayak luas,” kata Komisioner KPU Sumenep, Rachbini, Senin (05/10/15).

Ia menerangkan, DPT nantinya akan dibuat rangkap tiga dan disebarkan ke panitia pemungutan suara (PPS), untuk ditempelkan di tempat-tempat strategis.

“DPT itu di nantinya akan ditempel di balai desa, balai RT/RW, dan di tempat-tempat strategis yang gampang dibaca masyarakat,” ujarnya.

Ia memaparkan, berdasarkan tahapan pilkada, maka mulai tanggal 3-12 Oktober 2015 merupakan masa penyampaian DPT ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk diumumkan. Sedangkan tanggal 12 Oktober – 9 Desember 2015 merupakan masa pengumuman DPT.

“Kalau misalnya ada yang namanya belum tercantum di DPT, maka bisa menghubungi PPS, agar dilakukan perbaikan dan dimasukkan dalam DPT tambahan 1,” terangnya.

Pilkada Sumenep yang digelar pada 9 Desember 2015 diikuti dua pasangan calon bupati-calon wakil bupati (cabup-cawabup). Pasangan nomor urut 1 yakni A. Busyro Karim dan Ahmad Fauzi, diusung koalisi PKB-PDI Perjuangan didukung NasDem. Kemudian pasangan cabup-cawabup nomor urut 2 adalah Zainal Abidin dan Dewi Khalifah, diusung koalisi 8 parpol, yakni Partai Demokrat, PAN, PKS, PPP, Gerindra, Hanura, Golkar dan PBB. (dik)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*