Sosialisasi Pilkada Serentak, KPU Bandar Lampung Gelar Jalan Sehat

Sosialisasi Pilkada Serentak, KPU Bandar Lampung Gelar Jalan Sehat

IndoElecton.com, Bandar Lampung – Sabtu (19/9/2015) pagi, KPU Bandar Lampung menggelar jalan sehat demokrasi. Kegiatan tersebut tidak lain sebagai salah satu upaya KPU Bandar Lampung melakukan sosialisasi sesuai dengan PKPU No 5 tentang Sosialisasi Pemilukada.

Kegiatan diikuti ribuan masyarakat yang berasal dari 20 kecamatan dan 126 kelurahan yang tersebar di Kota Tapis Berseri ini. Upaya KPU ini tak lain untuk menarik simpati warga agar berpartisipasi dalam pemilukada yang digelar 9 Desember 2015 mendatang. Sebab, KPU berkomitmen meningkatkan partisipasi pemilih dan memutus budaya golput atau tidak ikut masuk bilik suara dan mencoblos calon mana pun.

Ketua Panitia Kegiatan Jainuddin dalam sambutannya mengatakan kegiatan parade demokrasi tidak lain mengajak masyarakat Kota Bandar Lampung memilih calonkada pada 9 Desember 2015mendatang. “Ini merupakan upaya maksimal KPU untuk menyosialisasikan pemilukada kepada masyarakat, sebelumnya kami adakan lomba stand up comedy, duta demokrasi, festival band demokrasi,” paparnya.

Melalui rangkaian kegiatan ini pula, setelah menandatangani deklarasi pemilukada damai, KPU berharap kepada tiga pasang calon tidak melakukan kampanye negatif. “Kami berharap pasangan calon tidak melakukan black campaign atau money politics dan mengikuti hasil yang dilakukan KPU Bandar Lampung,” paparnya.

Ketua KPU Bandar Lampung Fauzi Heri mengatakan rangkaian kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemula. “Kami sudah berusaha semaksimal mungkin dan sekarang kita sudah menandatangani deklarasi pemilukada damai untuk pasangan calon siap menang dan siap kalah,” ungkapnya.

Pj Wali Kota Bandar Lampung Sulpakar mengatakan kegiatan ini memiliki makna yang strategis dalam mewujudkan pemilukada yang damai. “Acara ini tujuannya bukan hanya meramaikan, melainkan juga sebagai sarana sosialisasi pemilukada. Penandatanganan deklarasi pemilukada damai diharapkan agar calon konsisten dan konsekuen untuk mengemban amanah rakyat,” pungkasnya.

Dia berharap kepada pasangan calon yang bertarung pemilu yang menandatangani pemilukada diharapkan mewujudkan pemilu yang berkualitas serta cerdas yang terwujud dari tiga indikator.

“Yang pertama partisipasi pemilih tinggi, di sini PPDP harus benar-benr bekerja keras karena masih banyak warga kita yang belum terdaftar, kedua tercipta iklim kondusif dan aman, ketiga terwujudnyan pemilu yang berkualitas di tingkat bawah dan menghasilkan wali kota yang amanah. Mari bersama menjaga pemilukada agar terwujud Bandar Lampung yangg baik,” ajaknya.

“Kita berharap kepada putra terbaik yang mengikuti pemilukada dan kita yakini mampu membantu Bandar Lampung jadi lebih baik,” ungkapnya.

Calon wali kota nomor urut tiga Tobroni Harun mengatakan deklarasi pemilukada damai menjadi acuan untuk menciprakan pemulukada yang aman dan kondusif. “Melalui acara ini semangat masyarakat kita akan terbangun, kalau bisa partisipasi melebihi 70% karena ada kepedulian dari semua pemilih. Mudah-mudahan dengan adanya deklarasi damai ini menjadi momentum besar untuk berbondong-bondong datang ke TPS sehingga tingkat partispasi pemilu makin meningkatkan,” papar dia.

Dia berharap KPU makin aktif dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat khususnya pemuda. “Harapan kami benar-benar besar. KPU bisa menggiring pemuda untuk tidak apatis menghadapi pemilukada,” tukasnya.

Calon wakil wali kota nomor urut 2, Yusuf Kohar, berharap pemilukada aman dan sportif. “Karena saat ini kita bekerja keras turun langsung menghadapi pemilukada, peraturan KPU kan setiap calon tidak boleh sembarangan memasang atribut, jadi kita turun langsung,” ungkapnya. (ren)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*