Siang Ini Jokowi Lantik Tujuh Gubernur Dan Wakil Gubernur

Siang Ini Jokowi Lantik Tujuh Gubernur Dan Wakil Gubernur

IndoElection.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo akan melantik tujuh pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Jumat (12/2/2016). Pelantikan akan digelar di Istana Negara, Jakarta, mulai pukul 14.00 WIB.

“Tanggal 12 Februari, Presiden akan lantik tujuh pasangan gubernur dan wakil gubernur di Istana,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kamis (11/2/2016).

Ketujuh pasang kepala daerah tingkat I itu adalah Irwan Prayitno-Nasrul Abit (Sumatera Barat), Muhammad Sani-Nurdin Basirun (Kepulauan Riau), Zumi Zola-Fachrori Umar (Jambi), Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah (Bengkulu), Sahbirin Noor-Rusdi Resnawan (Kalimantan Selatan, Irianto Basire-Udin Hianggio (Kalimantan Utara), dan Olly Dondokambey-Steven Octavianus Kandou (Sulawesi Utara).

Sementara itu, pelantikan 202 bupati dan wali kota terpilih akan dilakukan serentak pada 17 Februari 2016. Pelantikan itu akan dilakukan oleh gubernur di wilayahnya masing-masing.

Pada gelombang kedua pelantikan, Maret 2016, sebanyak 11 bupati dan wali kota dan Gubernur Kalimantan Tengah diambil sumpahnya sebagai pejabat baru. Pelantikan digelar jika tidak ada sengketa di Mahkamah Konstitusi.

Selanjutnya, pada Juni 2016, Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah akan dilantik dan bersamaan dengan 30-an bupati dan wali kota di sejumlah daerah lain. (feb)

Categories: Eksekutif
Tags: #Jokowi

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*