Selisih 60 Ribu, Panwaslu Pesawaran Janji Kawal DPS

Selisih 60 Ribu, Panwaslu Pesawaran Janji Kawal DPS

IndoElection.com, Pesawaran – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Pesawaran memastikan mengawal sinkronisasi data pemilih di kabupaten setempat. Untuk mengawal data pemilih tersebut, panwaslu akan mengerahkan seluruh panitia pengawas lapangan (PPL) yang tersebar di 11 kecamatan.

’’DPS (daftar pemilih sementara) yang sudah diplenokan kemarin kan ada selisih 60 ribuan dibanding Pileg 2014 lalu. DPS Pilkada 2015 ditetapkan 341.204 jiwa. Artinya, ada peningkatan data pemilih. Kami akan pantau di sinkronisasi data nanti, kita akan kerahkan PPL di seluruh kecamatan untuk mengawal itu,” ungkap Kepala Divisi Pengawasan Panwaslu Pesawaran, Sephodori kemarin.

Dikatakan, selisih tersebut masih dimungkinkan, lantaran adanya pertumbuhan jumlah penduduk di kabupaten setempat. Karena, sebelum adanya penetapan DPT data pemilih tersebut sudah disinkronisasi terlebih dahulu di lapangan

“Pada saat sinkronisasi tersebut, kita akan lihat kerawanan-kerawanan di tempat-tempat seperti pesantren, asrama atau kos-kosan. Karena akan kita antisipasi terhadap eksodus yang masuk ke Pesawaran,” ucapnya.

Ditanya seberapa besar potensi terhadap eksodus pemilih tersebut? Diakuinya belum dapat diprediksi. Yang jelas, sambung dia, terdapat penambahan data pemilih ditempat-tempat tersebut.

“Belum tahu pastinya berapa besar potensi itu, kita harus cek langsung di lapangan. Kita akan perketat di masing-masing TPS tentunya,” ujarnya.

Disinggung, adanya rencana DPRD Pesawaran akan melakukan audit terhadap anggaran pilkada di KPU dan Panwaslu? Pihaknya sangat mendukung langkah DPRD jika akan melakukan audit tersebut. Karena, memang salah satu fungsi legislatif yakni sebagai pengawasan.

“Kita sebagai panwaslu mendukung langlah yang diambil DPRD untuk hearing dengan KPU maupun Panwaslu. Termasuk juga jika mereka akan melakukan audit pendanaan penyelenggaraan pemilu di KPU maupun Panwaslu,” pungkasnya. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*