Ribuan Surat Suara Pilkada Karawang Rusak

Ribuan Surat Suara Pilkada Karawang Rusak

IndoElection.com, Karawang – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Karawang menemukan ribuan surat suara yang rusak. Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum Divisi Logistik Kabupaten Karawang, Adam Bahtiar, mengatakan surat suara yang rusak tersebut saat ini tengah dalam proses penyortiran.

“Paling menonjol di Kecamatan Purwasari, ada 700 surat suara yang rusak. Kalau kecamatan lain tidak sampai 100,” kata Adam, Ahad, 6 Desember 2015.

Menurut Adam, kerusakan terjadi dari proses percetakan. Bahkan, dia mengaku menemukan ada surat suara yang kosong, sobek, hologram surat suara tembus dan menutupi gambar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. “Ada juga yang terdapat noda tinta di atas gambar calon, itu kami anggap rusak,” kata Adam.

Namun kerusakan tersebut diklaim tak akan mengganggu penyelenggaran Pilkada Serentak pada Rabu, 9 Desember 2015. Ketua KPU Kabupaten Karawang, Riesza Affiat, mengatakan hingga hari ini telah mendistribusikan sekitar 1.595.000 surat suara ke 30 Kecamatan. Saat ini, hanya tiga Kecamatan yaitu Cilebar, Pangkalan, dan Karawang Barat yang belum terdistribusi surat suara.

“Kekurangan sekitar 5 ribu surat suara. Malam ini, kami akan menerima sekitar 300 ribuan. Mudah-mudahan besok semua selesai,” ujar dia.

Riesza juga memastikan templet braile surat suara bagi pemilih disabilitas sudah disediakan. “Setiap TPS akan disediakan. Kami ingin semua berpartisipasi dalam Pilkada Karawang,” katanya. (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*