Rendahnya Kualitas APK Pilkada Demak Dipertanyakan

Rendahnya Kualitas APK Pilkada Demak Dipertanyakan

IndoElection.com, Demak – Ikatan Mahasiswa Demak (Imade) bersama Forum Komunikasi Masyarakat Demak(FKRMD) mempertanyakan kualitas alat peraga kampanye (APK) yang difasilitasi KPU yang mudah rusak. Selain itu, tidak sedikit APK tersebut dipasang disejumlah tempat yang justru dilarang.

Hal tersebut terlontar saat Imade bersama FKRMD beraudiensi dengan KPU Demak, Senin (21/9). Ketua Imade, Muhammad Taufik menyebutkan, banyak APK yang dipasang justru menyalahi ketentuan yang diatur dalam keputusan bupati No.273/495/2015 tentang tempat kampanye dan tempat pemasangan APK dalam rangka pemilihan bupati dan wakil bupati.

Keputusan bupati ini menyebutkan tempat yang dilarang untuk dijadikan sebagai pemasangan alat peraga kampanye pilkada beberapa diantaranya adalah fasilitas umum. Seperti jembatan, gedung ataufasilitas milik pemerintah termasuk balai desa.

“Masa kampanye masih panjang. Namun material APK banyak yang sudah rusak dan sama sekali tidak terbaca. Apakah tidak ada standar operasi pengadaan APK terkait bahan yang digunakan?” tanya Taufik.

Sementara Ketua FKRMD M Rifai menambahkan, masih banyak APK milik pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang belum ditertibkan. Terkait kerusakan APK yang dipasang KPU, ia mempertanyakan apakah ada unsur kesengajaan atau ketidakpahaman. (dik)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*