Puncaki Hasil Survei Pilgub DKI, Agus: Saya Tidak Ingin Jadi Gubernur Survei

Puncaki Hasil Survei Pilgub DKI, Agus: Saya Tidak Ingin Jadi Gubernur Survei

IndoElection.com, Jakarta — Calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono, bersyukur bisa mengalami peningkatan posisi dalam sejumlah survei terkini. Hal itu disampaikan Agus saat dimintai tanggapan mengenai hasil survei Charta Politika hari ini, yang menempatkan dia di posisi teratas di antara dua pasangan calon lainnya.

“Sama seperti yang saya utarakan sebelumnya, saya tentu bersyukur kalau nilai kami ada peningkatan,” kata Agus di sela-sela kampanye di Matraman, Jakarta Timur, Selasa.

Namun, Agus mengatakan, hasil survei itu bukan berarti harus dipestakan. Agus menyebut dirinya harus memacu semangat untuk terus meningkatkan popularitasnya.

“Saya tidak ingin jadi gubernur survei, saya ingin jadi gubernur rakyat,” kata Agus.

Lembaga survei Charta Politika hari ini merilis hasil survei peta elektoral calon gubernur dan wakil gubernur menjelang Pilkada DKI Jakarta 2017. Pengumpulan data dilakukan pada 17-24 November 2016, atau setelah Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ditetapkan sebagai tersangka dugaan penistaan agama oleh Badan Reserse Kriminal Mabes Polri pada tanggal 16 November 2016.

Berdasarkan survei itu, tingkat elektabilitas simulasi pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta, dengan pertanyaan, bila Pilkada DKI Jakarta dilangsungkan hari ini, pasangan Agus-Sylvi memperoleh 29,5 persen, disusul Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok-Djarot Saiful Hidayat dengan 28,9 persen dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno 26,7 persen.

Sementara itu, yang belum menentukan pilihan atau swing voters sebanyak 14,9 persen.

Selain itu, tingkat elektabilitas tidak terlalu berbeda ketika dilakukan dengan menggunakan simulasi kertas suara. Elektabilitas Agus-Sylvi 30,4 persen, Ahok-Djarot 29,3 persen, dan Anies-Sandiaga 26,9 persen. Yang belum menentukan pilihan sebanyak 13,4 persen.

Jumlah sampel survei itu sebanyak 733 responden dari 800 yang direncanakan. Responden tersebar di lima wilayah kota administrasi dan satu kepulauan. Margin of error lebih kurang 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (feb)

Categories: Survei

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*