Pjs Walikota Tak Jamin Aparat Cilegon Netral Di Pilkada

Pjs Walikota Tak Jamin Aparat Cilegon Netral Di Pilkada

IndoElection.com, Cilegon – Pjs Walikota Cilegon Suyitno belum dapat memastikan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam perhelatan Pilkada Cilegon mendatang. Ia mengatakan netralitas PNS itu dapat terbentuk bilamana pimpinan di masing – masing SKPD dapat memberikan contoh kepada bawahannya untuk bersikap tidak berpihak pada salah satu pasangan calon.

Hal itu diungkapkan Suyitno usai membuka Focus Group Discussion bersama penyelenggara pilkada dan seluruh stakeholder dengan tema ‘Membangun komitmen netralitas aparatur negara’ di Aula Setda II Pemkot Cilegon, Kamis (8/10/2015).

“Mengacu kepada peran pemerintahan sendiri, kami berkewajiban untuk memastikan berlangsungnya pilkada yang jurdil dan membanguna netralitas aparatur Pemkot Cilegon. Kami telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder agar berlangsung pilkada dapat berjalan baik sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Membangun netralitas para pegawai, menurutnya bukan persolan yang mudah. PNS harus dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa dirinya benar-benar netral dan tidak akan menimbulkan kecemburuan pada pasangan calon lain. “Maka daripada itu, acara ini adalah salah satu upaya bagaimana menciptakan agar ASN Kota Cilegon bisa netral, dan memberikan edukasi kepada seluruh pesertanya,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Panwaskada Kota Cilegon Achmad Achrom mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait dengan dugaan adanya PNS yang tak netral. “Sejauh ini memang belum ada laporan yang kami terima soal PNS yang tidak netral. Kalau memanh ada laporang yang berindikasi pada pelanggaran, tentu akan kita proses. Seperti bila dia (PNS) menggiring ataupun mengajak untuk memilih salah satu pasangan,” katanya. (ren)

Categories: Eksekutif

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*