Pj Gubernur Kepri Terima SK Pemberhentian Nurdin

Pj Gubernur Kepri Terima SK Pemberhentian Nurdin

IndoElection.com, Tanjungpinang – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepri, Agung Mulyana mengumumkan bahwa pihaknya telah menerima surat dari Menteri Dalam Negri (Mendagri) terkait Surat Keterangan (SK) pemberhentian Nurdin Basirun sebagai Bupati Karimun.

“Hari ini saya telah menerima copian SK pemberhentiannya dari Mendagri, dan langsung saya lanjuti untuk menyurati ke Kabupaten Karimun terkait hal ini,” ujar Agung Mulyana ke awak media di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (4/9).

Agung Mulyana mengatakan, SK tersebut langsung ditindak-lanjuti ke Kabupaten Karimun, agar tidak ada image bahwa pemerintah daerah menghalang-halangi atau memperlambat proses ini dan sistem pemerintahan di Kabupaten Karimun tidak terhambat dikarenakan kekosongan posisi Bupati.

“Telah ditentukan Wakil Bupati Karimun-lah, nantinya yang akan menggantikan posisi Nurdin Basirun sebagai Penjabat Bupati Karimun,” jelas Agung Mulyana.

Dengan telah adanya SK tersebut, secara tegas juga bahwa Nurdin Basirun tidak bisa lagi bertindak atas nama Bupati Karimun, dan ini merupakan bentuk konsekwensi bahwa setiap ASN yang maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan naik jenjang, maka harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Sebagaimana diketahui bersama, mantan Bupati Karimun Nurdin Basirun mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur (Cawagub) Kepri dengan mendampingi calon gubernur (Cagub) Kepri incumbent HM Sani dengan selogan (Sanur).

Karenanya, sesuai aturan PKPU, yang bersangkutan harus mengundurkan diri karena di luar wilayah kerjanya.

Selain Nurdin Basirun, cawagub Kepri yang bersapasangan dengan Soerya Respationo, yakni Bupati Bintan Ansar Ahmad juga telah mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri telah menunjukkan penjabat bupati kedua daerah tersebut, bersama sejumlah kabupaten di Kepri yang memang masa jabatannya juga telah berakhir. (ren)

Categories: Eksekutif

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*