Pintar Pilih Cagub Kuat, PDIP Pantas Pasangkan Risma Dengan Calon Dari Gerindra

Pintar Pilih Cagub Kuat, PDIP Pantas Pasangkan Risma Dengan Calon Dari Gerindra

IndoElection.com, Jakarta – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu mengatakan partainya rutin melakukan komunikasi politik jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017, termasukd dengan Partai Gerindra.

Sebelumnya Partai Gerindra secara resmi telah mendeklarasikan Sandiaga Uno untuk maju sebagai Calon Gubernur DKI.

Melihat langkah tersebut, pengamat politik dari Direktur Eksekutif VoxPol Center, Pangi Syarwi Chaniago menuturkan bahwa langkah yang harus dilakukan adalah head to head. Yakni calon yang kuat popularitas untuk mengalahkan Ahok

Kedua, lanjut dia, simulasi yang dilakukan oleh Gerindra dan PDIP harus melakukan kalkulasi yang matang, terutama PDIP harus bisa mengambil Calon Gubernur yang bisa dijual ke publik.

“Saya kira PDIP mahir memilih cagub. Memastikan elektibilitas dan popularitasnya yang kinclong dan trennya naik terus,” ujar Pangi, Minggu (31/7/2016).

Ia menyarankan, nama yang bisa diusung kedua partai yakni pasangan simulasi yang ideal, lantaran langkah tersebut merupakan salah satu determinan yang sangat menentukan.

“Seperti Risma-Sandiaga Uno, Risma-Yusril, Risma – Sjafrie. Gerindra pun harus pandai-pandai membaca realitas politik. Jangan memaksakan Sandiaga Uno sebagai cagub, namun bisa juga dipasangkan sebagai wakil. Saya yakin Gerindra sudah punya skenario, asalkan tidak Ahok. PDIP dan Gerindra terulang kembali berkoalisi dan membuat historia seperti pilkada sebelumnya,” paparnya.

Pangi menambahkan, jika partai tidak egois dan memahami realitas politik, sangat mudah untuk mencari pasangan ideal.

“Kalau partai tidak egois dan maklum memahami realitas politik, tidak sulit mencari titik temu dan jalan tengah menemukan pasangan ideal yang punya kans besar menenggelamkan dan menyalip popularitas dan elektibilitas Gubernur Ahok,” pungkas dia. (dik)

Categories: Publik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*