Pilkada Sulut, Perjuangan Elly Lasut Akhirnya Kandas

Pilkada Sulut, Perjuangan Elly Lasut Akhirnya Kandas

IndoElection.com, Manado – Teka-teki soal putusan Badan pengawas pemilu (Bawaslu) provinsi Sulut atas sengketa pemilihan kepala daerah antara pasangan Elly Engelbert Lasut (E2L) – David Bobihoe selaku pemohon denga KPU Sulut selaku termohon, akhirnya terjawab, Rabu (16/9).

Bawaslu provinsi Sulut dalam amar putusannya menyatakan menerima sebagian permohonan pemohon dan menolak sebagian permohonan pemohon dan memerintahkan KPU untuk melaksanakan hasil keputusan bawaslu paling lambat Tujuh hari setelah putusan tersebut.

Sebagian permohonan yang diterima antara lain soal hak konstitusional gabungan partai politik yang mengusung pasangan tersebut, dimana KPU diperintahkan mengembalikan hak konstitusional gabungan parpol karena memenuhi syarat dukungan.

Bawaslu juga memerintahkan KPU untuk mengembalikan hak konstitusional bakal calon wakil gubernur provinsi Sulut yang memenuji syarat calon wakil gubernur.

“Memerintahkan KPU untuk memberi kesempatan kepada gabungan parpol pengusung untuk mengganti calon,” ujanya, Tuju hari sejak putusan ini,” ujar ketua Bawaslu, Herwin Malonda ketika membacakan putusnnya.

Bawaslu dalam pertimbangnya mengatakan, bahwa penghukuman di Indonesia terbagi dalam memerapa tahap akhir pembimbingan, sehingga masih memiliki kewajiban melaksanakan hukumannya.

“Narapidana dalam Lapas dan klien Bapas Terpidana dan punya kewajiban menjalankan kewajiban hukuman hingga batas waktu habis masa pidananya,” tambahnya.

Terkait keputusan itu, Bobihoe sang bakal calon wakil gubernur menyatakan akan membahas langkah hukum yang akan diambil. “Prinsipnya saya secara pribadi menerima dan melaksanakan putusan adalah tuhas Bawaslu,” katanya.

Sementara itu, ketua DPD Stevanus Vreeke Runtu menyatakan siap maju menggantikan posisi E2L yang oleh keputusan Bawaslu dinyatakan tidak memenuhi syatat “Semua kader memiliki peluang yang sama. (feb)

Categories: Geliat Kandidat

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*