Pilkada Serentak, Kini Sudah 789 Paslon Yang Dipastikan Maju

Pilkada Serentak, Kini Sudah 789 Paslon Yang Dipastikan Maju

IndoElection.com, Jakarta – Pada Pilkada Serentak 2015 di 269 daerah telah mendaftar sebanyak 918 pasangan calon. Dengan perincian diterima pendaftarannya sebanyak 858 pasangan calon, dan yang ditetapkan sebagai peserta pemilihan (memenuhi syarat) sebanyak 789 pasangan calon.

Demikian disampaikan Ketua KPU Husni Kamil Manik dalam pemaparannya dalam Rapat Dengan Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR di Ruang Rapat Komisi II, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (Senin, 7/9).

Husni menerangkan, ada tiga daerah pilkadanya ditunda ke tahun 2017. Yaitu Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Timur Tengah Utara dan Kabupaten Blitar.

“Sebanyak 258 daerah penetapan peserta pemilihan tanggal 24 Agustus 2015,” sebut dia.

Dua daerah, Kota Samarinda dan Kabupaten Pacitan, karena jumlah paslon yang diterima kurang dari dua paslon, masa pendaftaran diperpanjang, sehingga penetapan peserta pemilihan baru dilakukan 30 Agustus.

Tambah Husni, Kota Surabaya, karena jumlah paslon yang diterima pendaftaran kurang dari dua paslon, masa pendaftaran diperpanjang, dan pada 30 Agustus paslon yang memenuhi syarat tetap kurang dari dua paspon, sehingga membua pendaftaran kembali pada 8-10 September.

“Dan berdasarkan rekomendasi Panwaslu harus membuka pendaftaran kembali dan menerima pandaftaran paslon sebelum ditolak, yaitu Kota Mataram dan Kabupaten Fakfak,” demikian Husni. (dik)

Categories: Paslon Pilkada

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*