Pilkada Semarang Ketambahan Pemilih 935 Orang

Pilkada Semarang Ketambahan Pemilih 935 Orang

IndoElection.com, Semarang – Pascamenggelar Pleno Daftar Pemilih Tetap (DPT), belum lama ini, KPU Kabupaten Semarang terus melakukan pembaharuan data.

Melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan Satu (DPTb-1) yang digelar di Aula KPU, Rabu (28/10) siang, KPU Kabupaten Semarang menginformasikan, ada sebanyak 935 pemilih tambahan yang tersebar pada 282 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 126 Desa.

“Diantara pemilih tambahan tersebut, ada 192 orang pemilih pemula,” kata Anggota KPU kabupaten Semarang Divisi Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Maskup Asyadi.

Penambahan pemilih tersebut, muncul karena beberapa faktor. Diantaranya, adanya pemilih pemula, TNI/Polri yang purnatugas, dan adanya pemilih ganda yang sebelumnya gagal diunggah pada sistem informasi pendaftaran pemilih.

Terlepas dari itu, pihaknya berencana akan memelihara DPT yang sebelumnya telah ditetapkan 740.768 pemilih yang tersebar di 1.700 TPS. Langkah tadi diambil untuk menghindari munculnya pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS).

“Yang tergolong TMS, meliputi pemilih yang meninggal dunia, pindah, pemilih menjadi anggota TNI/Polri maupun pemilih yang dicabut hak politiknya oleh pengadilan. Data yang bersangkutan harus dicoret agar tidak mendapatkan surat undangan pergi mencoblos ke TPS,” terangnya. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*