Pilkada Pesawaran, Jumlah DPS Meningkat 56.248 Orang

Pilkada Pesawaran, Jumlah DPS Meningkat 56.248 Orang

IndoElection.com, Lampung – Selisih daftar pemilih sementara (DPS) Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Pesawaran dengan daftar pemilih tetap Pemilihan Presiden 2014 kemarin mencapai 56.248 mata pilih.

Bila dalam DPT Pilpres kemarin sebanyak 319.946 jiwa, kini dalam DPS Pilkada serentak Kabupaten Pesawaran meningkat sebanyak 376.194 orang. Atas selisih itu pun, salah satu pasangan calon meminta kepada panitia pengawas pemilu jeli.

Fadhil Hakim, yang berpasangan Zaenal Abidin juga mengaharapkan pihak kepolisian juga meninjau dari peningkatan mata pilih di Bumi Andan Jejama yang signifikan ini. “Kami minta kepolisian juga menyikapi pembengkakkan ini, dari mana pembengkakannya gitu lho. Panwas juga harus jeli,” ujarnya.

Ia pun tidak ingin dengan adanya peningkatan jumlah pemilih ini lantaran sudah dikondisikan. Sehingga, ujar dia, menguntungkan kepada salah satu pasangan calon. Atas indikasi ini lah, Fadhil meminta kepada Panwaslu dan KPU bersikap netral.

Sebelumnya, KPUD Pesawaran menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilukada Kabupaten Pesawaran, 2 September 2015 di Aula RM Enam Saudara Gedongtataan.

Saat itu Ketua KPUD Pesawaran Amin Udin mengatakan pleno tersebut berdasar peraturan KPU (PKPU) nomor 4 tahun 2015 tentang Pemutakhiran Data dan daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. (dik)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*