Pilkada Minsel Akhirnya Diikuti Tiga Pasangan Calon

Pilkada Minsel Akhirnya Diikuti Tiga Pasangan Calon

IndoElection.com, Minsel – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akhirnya mengabulkan gugatan pemohon Jhon Sumual-Annie Langie dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Sidang musyawarah yang digelar di Kantor Panwaslu Minsel dimuali pukul 14.30 Wita, sabtu (19/9).

Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Minsel yang diwakili oleh Dr Fanley Pangemanan saling berhadapan dengan Jhon Sumual-Annie Langi.

Dalam pembacaan hasil sidang, Panwaslu Minsel memutuskan lima poin penting. Kelima poin ini dibacakan oleh Eva Keintjem (Ketua) yang diampingi oleh dua anggotanya.

” Pertama Mengabulkan Permohonan pemohon untuk seluruhnya. Kedua membatalkan Brita Acara Pleno KPU Minsel No 20/BA/KPU-MS/VIII-2015 tanggal 24 agustus 2015 tentang Partai Politik dan Pasangan Calon yang tidak memenuhi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab Minsel tahun 2015,” ujar Eva yang disambut semringah oleh paslon Jhon Sumual-Annie Langie.

Ketiga meminta kepada KPU Kabupaten Minsel untuk menerbitkan Brita acara pleno yang ikut sertakan Pemohon sebagai Peserta Pemilu bupati dan wakil bupati Kabupaten Minsel tahun 2015.

Keempat meminta KPU Kabupaten Minsel untuk hasil brita acara pleno dituangkan dalam surat keputusan.

“Kelima meminta KPU Minsel menerbitkan Berita acara pleno dan menuangkannya dalam surat keputusan tehitung 3 hari sejak keputusan ini dibacakan. Keputusan ini sah dan mengikat,” kata Eva yang langsung mengetuk palu persidangan.

Sontak keputusan ini disambut soarakan dadri pendukung paslon yang diusung koalisi Partai Demokrat dan Partai Gerindra ini. Mereka meluapkan kegembiraannya dengan menerikan ‘Hidup Jos-AsLi’.

Memang sebelum putusan sidang, pendukung paslon ini sudah memadati kanto Panwaslu Minsel. Ada yang masuk ke dalam ruangan persidangan dan ada juga pendukung yang menyemut di luar kantor.

Pangemanan usai pembacaan keputusan tersebut kepada wartawan menuturkan bahwa ia akan berkonsultasi dengan KPU Provinsi Sulut.

“Secepatnya kami akan konsultasi dengan provinsi,” ujarnya dengan singkat.

Sumual yang dicegat wartawan mengaku bersyukur dengan keputuan tersebut. Menurut dia, sudah seharusnya dirinya dan Annie Langie diakomodir sebaga peserta Pilkada Minsel.
“Karena semua berkas yang kami masukan sudah lengkap sejak tanggal 13 Agustus. jadi tidak ada alasa apapun untuk membatalkan pencalonan kami,” ujar anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minsel ini.

Ia menuturkan tantantang terbesar kini sudah di depan mata. “Tantangan itu yakni bagaimana kami untuk bisa memenagkan pilkada,” ucapnya. (dik)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*