Pilkada Karangasem, Eks Bupati Geredeg Dampingi Made Sukerana

Pilkada Karangasem, Eks Bupati Geredeg Dampingi Made Sukerana

IndoElection.com, Amlapura – Pasangan Cabup-Cawabup Karangasem, Made Sukerana-Komang Kisid (SUKSES) tak henti-hentinya menemui masyarakat untuk menjaring aspirasi guna membangun kabupaten ujung Timur mBali tersebut.

Senin (01/09/2015) lalu, SUKSES menemui masyarakat di tujuh banjar di Kecamatan Abang. Menariknya, pasangan ini dikawal langsung oleh mantan Bupati Karangasem I Wayan Geredeg yang selama dua periode memimpim Karangasem.

Tujuh banjar yang didatangi adalah Banjar Ancut Desa Tista, Banjar Lebah Desa Puerwakerti, Banjar Kusambi, Banjar Batu Kseni, Banjar Aas, Banjar Bunutan dan Pura Pemaksan Lean.

Dari tujuh banjar tersebut, sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai nelayan yang menggantungkan hidup di sektor laut. Dalam simakrama itu, SUKSES memperhatikan masalah yang dihadapi nelayan serta petani garam agar kedepannya lebih sejahtera.

Sukerana dalam pertemuan itu menyampaikan, garam produksi Kecamatan Abang memiliki potensi besar di pasaran, baik lokal maupun regional.

Saat ini, terang Sukerana, pemerintah berusaha mencari peluang agar garam dari Kecamatan Abang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga serta keperluan di sektor wisata.

Satu di antara langkah yang akan dilakuan, yakni mengusahakan kerjasama dengan badan usaha asal Prancis untuk mempercantik cara pengemasan produk.

Sehingga, lanjut Sukerana, garam dari Kecamatan Abang bisa diserap untuk kepentingan spa di hotel berbintang. Tak hanya itu, harga yang kini berada di kisaran Rp 2.500 per kilonya, akan diusahakan meningkat.

“Kalau sudah masuk ke sektor pariwisata, harga garam perkilonya akan kita usahakan tembus di angka Rp 20.000,” terang Sukerana yang juga mantan Wabup Karangasem.

Selain itu, Sukerana juga berjanji akan terus memperhatikan para nelayan, melalui pengadaan program yang bertujuan meningkatkan penghasilan para nelayan dan petani garam. Di antaranya program pemberian bantuan alat serta mesin untuk menambah hasil tangkapan para nelayan.

Pemasaran hasil tangkapan para nelayan juga akan terus dilakukan. Kerja sama Pemkab Karangasem dengan pihak luar akan terus dilanjutkan.

Bahan bakar minyak yang menjadi kendala para nelayan akan diperjuangkannya agar lebih mudah didapat dan murah.

“Terkait bahan bakar minyak akan kita perjuangkan ke pemerintah pusat, agar di daerah Bunutan ada SPBU untuk keperluan melaut,” ujar Sukerana.

Masyarakat yang antusias menyambut kedatangan Sukerana dan Kisid juga mengusulkan agar infrastrutur berupa jalan serta air bersih, agar diperbaiki.

Sedangkan di Banjar Batu Kseni, warga berharap bantuan kawat bronjong untuk pengamanan Pura Toya Mambing bisa terealisasi secepatnya.

Mendengar aspirasi warga, Sukerana menyatakan, akan berjuang maksimal untuk menyelesaikan masalah warga Abang agar kehidupan lebih baik.

Sukerana mengatakan, saat menjabat sebagai Wabup bersama Bupati Geredeg, dirinya sudah melakukan sejumlah upaya yang akan diteruskan di periode berikutnya. (dik)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*