Pilkada Jember, Kominfo Sidangkan Sengketa Panwaslih Vs KPU

Pilkada Jember, Kominfo Sidangkan Sengketa Panwaslih Vs KPU

IndoElection.com, Surabaya – Komisi Informasi Jawa Timur mengagendakan persidangan sengketa antara anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah Jember Nur Elya Anggraini dengan Komisi Pemilihan Umum setempat pekan depan.

“Kami merencanakan persidangan awal dalam bentuk pemeriksaan awal pada 27 Oktober 2015,” kata Ketua Komisi Informasi Jatim Ketty Tri Setyorini.

Komisi Informasi sudah menyusun majelis komisioner dan menunjuk panitera. “Tiga hari sebelum 27 Oktober, kami akan kirimkan surat undangan untuk menghadiri persidangan. Kami harap pemohon dan termohon bisa hadir,” kata Setyorini.

Nantinya Komisi Informasi akan memeriksa posisi hukum atau legal standing masing-masing pihak. “Kalau sudah memenuhi syarat, kami akan lakukan mediasi, yakni pertemuan dua belah pihak untuk membahas apa-apa yang harus dilakukan,” kata Setyorini.

Komisi Informasi menegaskan, mediasi harus sesuai kesepakatan pelapor dan terlapor. “Apabila mediasi terjadi, kami akan menunjuk salah satu anggota majelis sebagai mediator. Kami berharap saat mediasi semua selesai,” kata Setyorini.

Namun jika sebelum 27 Oktober, KPU sudah mau memberikan informasi yang diminta Nur Elya Anggraini, maka persidangan tak akan dilanjutkan. Setyorini hanya meminta ada pemberitahuan dari Elya sebagai pemohon.

Elya mengajukan gugatan ke Komisi Informasi, karena KPU belum juga memberikan informasi dokumen kontrak kerja pembuatan alat peraga kampanye sebagai bagian dari pengawasan. KPU Jember sendiri beranggapan, dokumen itu bukan wewenang Panwaslih karena lembaga pengawas itu bukan auditor. (ren)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*