Pilkada Indragiri Hulu, 6.276 Pemilih Terancam Tak Memilih

Pilkada Indragiri Hulu, 6.276 Pemilih Terancam Tak Memilih

IndoElection.com, Indragiri Hulu – Sebanyak 6276 warga Indragiri Hulu terancam tak bisa menggunakan hak pilihnya pada pemilihan kepala daerah Indragiri Hulu Desember 2015 mendatang.Karena tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Dari total jumlah 6726 warga yang belum memiliki NIK terbanyak berasal dari Kecamatan Batang Gansal dan Kecamatan Rakit Kulim.

Komisioner KPU Inhu, Hendri A Saleh menyebutkan saat peninjauan ke dua daerah tersebut pihaknya menemukan 2264 warga di Kecamatan Batang Gansal yang bisa memilih namun belum punya NIK serta 21 warga memiliki NIK dari luar daerah. Kemudian di Kecamatan Rakit Kulim terdapat sebanyak 648 warga tidak memiliki NIK dan 33 warga memiliki NIK luar daerah.

Pihaknya berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemkab) Inhu dapat melakukan tindakan agar warga tersebut memiliki NIK sehingga dapat ikut Pilbup Inhu.

Terpisah, Kepala Bagian Administrasi Tata Pemerintahan Setdakab Inhu H Hendry Yasnur mengatakan dalam waktu dekat Pemkab Inhu melalui Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disduk capil) bersama seluruh Camat melakukan pendataan dan perekaman e-KTP terhadap warga yang belum memiliki NIK maupun warga Inhu yang masih memiliki NIK luar daerah.

“Targetnya kami akan kejar 6276 pemilih itu dengan cara turun langsung ke lapangan. Pendataan melalui pihak Kecamatan masing -masing, kemudian petugas Disdukcapil langsung melakukan perekaman. Jadi meskipun belum mendapat e KTP, warga sudah memiliki NIK sehingga dapat menggunakan hak pilihnya,” ujar H Hendry.

Menurutnya, pendataan dan perekaman e KTP terhadap warga yangbelum memiliki NIK akan selesai sebelum tanggal 1 Oktober 2015.Sehingga berapa pun warga yang sudah didata dan telah memilikiNIK dapat dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPUInhu.

“KPU Inhu akan menetapkan DPT pada tanggal 2 Oktober 2015, mudah- mudahan sebelum itu kegiatan pemberian NIK warga sudah tuntassehingga dapat menambah jumlah pemilih dari yang sebelumnyaditetapkan dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS),” sebut H Hendry.

Sebelumnya, pada Rabu (2/9) kemarin, KPU Inhu melakukan pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu tahun 2015. DPS yang ditetapkan dalam pleno tersebut berjumlah 299.037pemilih.

Jumlah DPS tersebut terdiri dari 152.001 pemilih laki-laki dan 147.036 pemilih perempuan. Pemilih itu tersebar di 14 kecamatan dan 194 desa dan kelurahan dan akan memilih pada 838 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*