Pilkada Gowa Paling Rawan Di Provinsi Sulsel

Pilkada Gowa Paling Rawan Di Provinsi Sulsel

IndoElection.com, Makassar – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan dan Barat Irjen Pol. Pudji Hartanto mengatakan bahwa Kabupaten Gowa berada pada peringkat pertama kerawanan Pilkada di Sulsel.

“Peringkat pertama adalah Kabupaten Gowa, kemudian disusul oleh Kabupaten Soppeng, Toraja Utara, Luwu Utara, dan Bulukumba,” kata Pudji seusai rapat koordinasi dengan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Pangdam VII/Wirabuana, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Senin, (7/12/2015).

Dia menjelaskan bahwa kerawanan yang terjadi di Kabupaten Gowa disebabkan karena adanya pasangan yang dinilai kuat, kemudian pasangan yang pernah maju dalam pilkada kemudian kembali bersaing dalam pilkada kali ini. “Ada luka lama dan ini bisa menjadi pemicu,” imbuhnya.

Untuk mengantisipasi kerawanan yang mungkin terjadi, Pudji mengatakan pihaknya akan menambah personel di daerah tersebut. “Jadi bagaimana agar zona merah itu menjadi hijau, atau minimal kuning,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan agar pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang berlaga dalam pemilihan Kepala Daerah di 11 Kabupaten di Sulsel, tidak melanggar aturan pilkada.

“Jangan melakukan tindakan anarkis dengan menggerakkan massa. Jika ada paslon yang mencoba melakukan tindakan melawan hukum, artinya ini menantang dan akan berhadapan dengan pihak kepolisian,” tegasnya.

Hal senada juga ditegaskan oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Gubernur mengatakan jika terjadi pelanggaran dalam pelaksanaan pilkada ini, maka semuanya harus diselesaikan secara hukum. “Semua persoalan harus diselesaikan secara hukum,” tegas gubernur. (feb)

Categories: Penyelenggaraan
Tags: #PilkadaGowa

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*