Pilkada Banggai, Massa Desak Laporan Politik Uang Ditindaklanjuti

Pilkada Banggai, Massa Desak Laporan Politik Uang Ditindaklanjuti

IndoElection.com, Banggai – Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, masih menyisakan masalah. Di antaranya terkait dugaan money politics oleh pasangan calon nomor urut tiga, HerwinYatim dan Mustar Labolo.

Berbagai laporan terkait penggunaan politik uang yang dilakukan pasangan calon dengan tagline Win-Star itu juga telah dilaporkan ke Panwaslih dan Polres Banggai. Sejumlah warga yang tergabung dalam Solidaritas PITA BIRU (Pilkada Tanpa Bumbu Imbalan Rupiah) melakukan aksi damai terkait sejumlah laporan yang telah disampaikan koalisi pemenangan pasangan calon bupati Ma’mun Amir dan calon wakil bupati Batia Sisilia Hadjar (Mutiara).

Dalam aksinya massa meminta Panwaslih Kabupaten Banggai serta aparat kepolisian serius menangani kasus dugaan politik uang yang dilakukan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Herwin-Mustar. “Kami meminta agar Panwaslih dan pihak kepolisian mengusut dan menangani secara serius kasus politik uang yang dilakukan pasangan calon Herwin-Mustar,” ujar Iswan, salah satu orator aksi.

Ketua Panwaslih Kabupaten Banggai Alwin Palalo di hadapan massa menyatakan pihaknya serius menangani laporan politik uang yang telah diterima. “Kami sangat serius menindaklanjuti laporan politik uang ini, kami juga sudah merekomendasikan ke pihak kepolisian untuk ditindaklanjuti,” jelasnya di hadapan massa yang dipimpin Ketua Koalisi Mutiara Banggai Riffai Dg Matorang.

Alwin juga menegaskan institusinya serius menangani laporan politik uang tersebut. Menurutnya, setelah proses laporan politik uang ini mempunyai kekuatan hukum tetap dari pengadilan negeri, Panwaslih akan mengeluarkan rekomendasi. “Kalau sudah ada keputusan tetap dari pengadilan, maka kami akan buat rekomendasi mendiskualifikasi pasangan calon yang telah menggunakan politik uang itu,” tuturnya.

Aksi damai yang dimulai dari Sekretariat Bersama Koalisi Mutiara Banggai hingga ke Bundaran Tuguadipura dan berakhir di kantor Panwasllih Banggai berlangsung tertib. Kapolres Banggai AKBP Jamaludin Farti turut mengawal massa aksi yang berjalan kaki saat dari Sekber Mutiara Banggai di Kelurahan Soho, Luwuk. (feb)

Categories: News

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*