Penyaluran Rp 3,4 Miliar DAK Boltim Jelang Pilkada Rawan Diselewengkan

Penyaluran Rp 3,4 Miliar DAK Boltim Jelang Pilkada Rawan Diselewengkan

IndoElection.com, Boltim – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan menyalurkan bantuan yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 3,4 miliar.

Kepala DKP Boltim, Muhammad Iksan Pangalima mengatakan tahun ini pemda Boltim mendapat bantuan untuk sektor perikanan dan kelautan dari DAK seperti pembangunan Balai Beni Iklan (BBI) senilai Rp 1,7 miliar di Desa Bukaka.

“Selain BBI ada pengadaan motor tempel senilai Rp 740 juta, pengadaan es crusher Rp 200 juta, cool box Rp 440 juta,” bebernya, pada Jumat (18/9)

Dalam DAK tersebut pun terdapat peralatan pembuatan abon dan pembuatan bakso senilai Rp 130 juta.

Sejumlah petani budidaya ikan juga akan menerina induk ikan senilai Rp 224 juta. “Kita akan memperbanyak pembuatan papan peringatan yang akan dipasang di pinggir pantai.” ucapnya.

Dia mengungkapkan tahun ini pemda mengadakan 25 unit mesin tempel 15 PK, 34 mesin katinting, 2 kapal 7 GT, 70 cool Box, 112 keranjang ikan, 4 unit oven pengasapan ikan, 5 unit ice crusher, 35 freezer, 4 pengolahan abon, 2 pengolahan bakso, bibit unggul ikan pada 4 kelompok, rehabilitasi 11 kolam, dan papan iklan.

“Beberapa sudah kami salurkan seperti oven pengasapan. Bantuan lainnya akan diserahkan dalam waktu dekat. Untuk kapal 7 GT masih menunggu karena masih dalam tahap pembuatan,” ungkapnya.
Dia menambahkan adanya oknum memanfaatkan momentum tersebut dengan melakukan pungutan terhadap masyarakat dengan mengatasnamakan dirinya.

“Sudah ada yang naik turun rumah, minta uang kepada warga dengan alasan uang tersebut akan diberikan kepada kami. Sehingga bantuan dapat disalurkan,” tuturnya.

Dia menegaskan tak pernah memerintahkan seseorang untuk melakukan hal tersebut. Bantuan tersebut adalah hak warga miskin yang layak menerimanya.

“Ini sudah masuk program kepada masyarakat dan akan disalurkan sesuai prosedur. Tidak benar, jika kami memerintahkan untuk meminta uang kepada masyarakat agar bantuan cair. Jika ditemukan, segera laporkan,” imbaunya.

Ketua Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Boltim, Ismail Mokodompit memperingatkan dinas terkait untuk berhati-hati menyalurkan bantuan tersebut menjelang pilkada. Bisa jadi disebut pelanggaran pilkada.

“Masyarakat tetap awasi penyalurannya. Jangan sampai ada salah sasaran dan tak tepat penggunaannya,” imbaunya. (ren)

Categories: Keuangan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*