Pengamat: Bukan Saatnya Ahok Petantang-Petenteng

Pengamat: Bukan Saatnya Ahok Petantang-Petenteng

IndoElection.com, Jakarta – Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengatakan, terkait keputusan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang ingin kembali maju ke Pilgub 2017 melalui jalur independen kini sudah mulai goyang.

Dimana saat ini banyak Partai Politik seperti, PDIP, Nasdem, Hanura, dan Golkar mulai melirik Ahok. Hingga Ahok pun goyang memilih untuk tetap maju lewat jalur independen bersama teman Ahok atau bergabung melalui parpol.

“Kalau memang Ahok mau aman, dia lebih enak mengambil dari jalur parpol karena kalau masuk di jalur perorangan ada beberapa hal yang harus dia lalui. Sedangkan lewat jalur parpol, Ahok ini ibaratnya mengendarai kendaraan mewah dengan banyak airback (tingkat keselamatan dan kenyamannya lebih tinggi),” ujar Hendri, Selasa (14/6/2016).

Kata dia, saat ini Ahok sudah butuh dukungan dari partai politik seiring dengan berbagai hal yang telah menerpa dirinya akhir-akhir ini terkait beberapa kasus yang menyeret namanya seperti kasus Reklamasi Teluk Jakarta yang akhirnya dimenangkan oleh para pengugat yaitu nelayan, Rumah Sakit Sumber Waras dan beberapa kasus lainnya. Dia pun mencontohkan seperti, kasus pemanggilan di KPK. Hendri menilai, kini Ahok bukan waktunya untuk petantang-petenteng.

“Ahok sudah bukan waktunya untuk petantang-petenteng lagi, apalagi setelah kasus pemanggilan di KPK selama dua kali,” sambungnya.

Terkait hal itu, kalau sampai akhirnya dia lebih memilih untuk maju melalu jalur partai politik menurutnya enggak masalah. Diberitahukan sebelumnya, Ahok pernah bergabung di salah satu Partai Politik Gerindra saat maju di Pilgub 2013 tahun lalu.

“Saya juga sudah menduga itu bisa terjadi, apalagi Ahok sebelumnya sudah punya pengalaman maju dari parpol,” paparnya.

Hendri menambahkan, yang penting Ahok sadar ia harus menaati peraturan parpol itu. Karena, parpol itu tidak hanya memberikan dukungannya secara gratis.

“Maksudnya, mereka (parpol) yang dukung Ahok ini yakin akan menang, dari Lembaga Survei Kedai Kopi juga suara Ahok masih tertinggi. Asal Ahok tahu diri saja,” tutupnya. (dik)

Categories: Publik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*