Pendaftaran Dibuka, Rasiyo-Lucy Datang Ke KPU Surabaya Hari Ini

Pendaftaran Dibuka, Rasiyo-Lucy Datang Ke KPU Surabaya Hari Ini

IndoElection.com, Surabaya – Jadwal pelaksanaan pemilikada untuk kota Surabaya secara otomatis akan terpotong.mengingat proses pendaftaan yang memakan waktu cukup lama. Hal ini disampaikannoleh Ketua KPU Kota Surabaya Robiyan Arifin saat menggelar sosialisasi pendaftaran yang diikuti oleh perwakilan Partai Politik, Senin (07/09/2015).

Kesiapan pasangan Rasiyo-Lucy untuk mempersiapkan pendaftaran peserta Pilwali Surabaya, kejar tayang.

Sumber di internal DPD Partai Demokrat Jatim mengatakan, sedianya Lucy akan tiba di Surabaya hari ini (07/09/2015). Mantan Ning Surabaya tahun 2003 ini, akan menjalani beberapa agenda terkait proses pendaftaran.

“Beberapa masih ada yang dipersiapkan. Pengurusan SKCK, maupun sesi foto bersama Pak Rasiyo,” terang sumber yang meminta agar namanya tidak dipublikasikan ini.

Hanya, kepastian jam datangnya Lucy ke Surabaya belum diketahui. “Informasinya memang siang nanti sudah landing hari ini. Coba kroscek saja ke LO-nya,” imbuh sumber tersebut.

Selama di Surabaya, Lucy akan didampingi penuh tim dari DPP Demokrat. Itu sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Ketua DPD Demokrat Jawa Timur, Soekarwo.

Informasi yang dihimpun, semalam, Pakdhe (Sapaan Soekarwo), menggelar pertemuan tertutup dengan seluruh Tim pemenangan. Posisi Agung Nugroho, kabarnya ditetapkan sebagai Ketua Tim Pemenangan gabungan Koalisi Biru (Demokrat-PAN).

Terpisah, Laisson Officer (LO) Rasiyo-Lucy, Didik Dharmadi hanya memberikan keterangan singkat terkait kesiapan pendaftaran. “Besok akan mendftar sekitar jam 14.00 WIB. Titik kumpulnya di Gelora Pancasila dan berangkat bersama-sama mengantarkan,” pungkas Didik.

Tahapan Pilkada Surabaya memang berbeda dengan proses Pilkada di daerah lain. Surabaya, mengalami proses pendaftaran peserta Pilwali sebanyak empat kali. Sehingga, jadwal pelaksanaan terpotong.

Itu disampaikan dalam masa sosialisasi oleh Ketua KPU Kota Surabaya Robiyan Arifin saat menggelar sosialisasi pendaftaran yang diikuti oleh perwakilan Parpol, Senin (07/09/2015).

Beberapa perwakilan parpol yang hadir diantaranya, Gerindra, PAN, Demokrat, Golkar, Hanura, PKB, PDIP, dan Nasdem.

Sementara, PKS baru terlihat saat sosialisasi tengah berlangsung diruang rapat KPU lantai satu.

“Tahapan ini tentunya akan mengurangi dari jadwal yang tertuang dalam PKPU Nomor 12 Tahun 2015,” beber Robiyan.

Lebih lanjut, Robiyan mengatakan bahwa proses dibukanya kembali pendaftaran peserta Pilwali Surabaya sebagai berikut :

Tanggal Agenda
8-10 September 2015 Masa Pendaftaran
10-14 September 2015 Pemeriksaan berkas
11-15 September 2015 Penelitian berkas
15 September 2015 Tes Kesehatan
16 September 2015 Penyampaian hasil
17-19 September 2015 Perbaikan berkas
24 September 2015 Penetapan

Menurut Robiyan, ada dua hari masa tahapan yang bersamaan. Namun, hal itu sesuai dengan aturan pelaksanaan.

Sementara, dalam proses tersebut sempat disinggung apakah diperbolehkan jika rekomendasi pasangan dalam bentuk scan didaftarkan kembali.

“Penyerahan rekom scan diperbolehkan. Hanya, harus segera dicantumkan aslinya. Jangan sampai terulang seperti sebelumnya,” pungkas Robiyan. (feb)

 

 

 

 

Categories: Geliat Kandidat

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*