Pemilih Sementara Pilkada Purworejo Sebanyak 636.873 Orang

Pemilih Sementara Pilkada Purworejo Sebanyak 636.873 Orang

IndoElection.com, Purworejo – Jumlah pemilih sementara Pilkada Kabupaten Purworejo ditetapkan KPU sebanyak 636.873 orang.

Daftar Pemilih Sementara (DPS) tersebut ditetapkan melalui rapat pleno terbuka yang digelar di aula KPU, kemarin. Rapat pleno tersebut dihadiri Panwas Pilkada, tim kampanye masing-masing pasangan calon, serta anggota PPK.

Ketua KPU Dulrokhim, dalam kesempatan itu menjelaskan, DPS yang ditetapkan tersebut merupakan hasil dari pemutakhiran melalui kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sejak 15 Juni hingga 19 Agustus 2015 lalu.

Selanjutnya, sambung dia, secara berjenjang dilakukan rekapitulasi mulai dari tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), hingga ditetapkan menjadi DPS di tingkat KPU.

Dalam proses pemutakhiran tersebut, sambungnya, pemilih yang tidak memenuhi syarat dihapus. Demikian juga pemilih yang memenuhi syarat tapi belum terdaftar dimasukkan dalam DPS.

“Setelah DPS ditetapkan akan diumumkan dan kami menerima masukan dan tanggapan masyarakat untuk perbaikan,” katanya.

Komisioner KPU Divisi Mutarlih menjelaskan, untuk pemilih laki-laki berjumlah 313.918 orang dan pemilih perempuan sebanyak 322.955. Sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) ditetapkan sebanyak 1.700.

Salinan DPS, sambungnya, dalam bentuk soft copy dengan format PDF akan diberikan kepada Panwaskab, Panwascam, tim kampanye tingkat kabupaten, dan tim kampanye tingkat kecamatan. “Proses penggandaan soft copy akan mulai dilakukan. Begitu selesai akan segera kami sampaikan,” katanya. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*