Pelanggaran Kampanye, Panwas Surakarta Panggil Sejumlah Pejabat

Pelanggaran Kampanye, Panwas Surakarta Panggil Sejumlah Pejabat

IndoElection.com, Surakarta – Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) Pemilu Surakarta bakal memanggil lurah Pucangsawit dan pengeloa Panti Wredha Dharma Bhakti, Laweyan, untuk dimintai keterangan.

Pemanggilan itu terkait dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surakarta.

Jadwal pertama klarifikasi untuk hari ini, (4/9), adalah paslon FX Hadi Rudyatmo-Achmad Purnomo.

Menurut Ketua Panwas Sumanta, paslon tersebut dilaporkan terindikasi melakukan kampanye di luar jadwal yang ditetapkan KPU. Kaitannya dengan hal tersebut, Panwas mengundang Lurah Pucangsawit, Ketua Paguyuban Warga Pucangsawit, dan Camat Jebres.

”Ada indikasi ketidaknetralan PNS saat pertemuan warga Pucangsawit beberapa waktu lalu karena mengarahkan dukungan ke salah satu paslon. Padahal netralitas PNS ini sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN),” terang dia.

Panwas juga bakal mengundang beberapa pihak terkait untuk diklarifikasi tentang kampanye paslon Anung Indro Susanto-M Fajri (AFi) di Panti Wredha Dharma Bhakti, Senin (31/8). Pasalnya, panti tersebut masuk dalam instansi pemerintan yang dikelola oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans). Dalam kampanyenya tersebut, Anung juga terindikasi melakukan money politics karena memberi amplop berisi uang untuk penghuni panti.  (ren)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*