Pasang APK Pakai Tali Rafia, KPU Gresik Disorot

Pasang APK Pakai Tali Rafia, KPU Gresik Disorot

IndoElection.com, Sidoarjo – Alat peraga kampanye (APK), pemilihan bupati 2015 dari Komisi Pemilihan Umum, atau KPU Gresik disorot. Selain ada keterlambatan, pemasangan alat APK tiga pasangan calon (paslon), terkesan asal-asalan.

Pemasangan APK Pilbup Gresik 2015 jenis baliho maupun spanduk tidak memperhatikan estetika maupun ketentuan. APK jenis baliho yang hanya dipasang di enam titik yaitu di tiga di kota, satu di Kecamatan Sidayu dan satu di Kecamatan Menganti yang roboh diterjang angin.

Bahkan, di Desa Boboh, Kecamatan Menganti, Gresik. APK berjenis baliho menimpa Rifanda (17), sehingga korban mengalami patah tulang bahu saat melintas di depan APK tersebut.

APK berjenis baliho yang lain, juga membuat pasangan calon (Paslon), nomor tiga Ahmad Nurhamim-Junaedi (Arjuna), yang diusung Partai Golkar menghilang. Sehingga, Cabup Ahmad Nurhamim sempat mengunggah kecewanya di sosmed, bahwa baliho dirinya bersama pasangannya Junaidi hilang tidak tahu rimbanya.

“Baliho milik Arjuna hilang. Tetapi, KPU Gresik membiarkan saja,” ujar Ahmad Nurhamim, Minggu (11/10/2015).

Tidak hanya itu, APK jenis spanduk juga dipasang seenaknya dan terkesan asal-asalan. Spanduk berukuran 1×6 meterpersegi itu sudah terpasang di kota, Kecamatan Duduksampeyan, dan sebagain besar wilayah kecamatan. Namun, berisi kampanye paslon Sambari Halim Radiantpo-M Qosim (SQ), Husnul Khuluq-Achmad Rubaie (Berkah), dan Arjuna hanya diikat dengan tali rafia.

Seperti diketahui, APK berjenis baliho, spanduk serta umbul-umbul. Pemenang tendernya adalah CV Terab Boyolali dengan Rp 330,2 juta. Kemudian untuk bahan kampanye jenis poster, flyer dan pamflet dimenangkan CV Drygel Inter Nusa nilainya Rp 641,6 juta.

Menanggapi adanya APK Pilbup Gresik terkesan asal-asal, Sekretaris KPU Gresik Fahrudin menyatakan, memang pengadaan APK dan bahan kampanye sudah dilakukan. Sehingga, pencetakan dan pemasangan APK khususnya baliho dan spanduk juga wewenang pihak ketiga selaku pemenang tender. Hanya, memang khusus spanduk tidak ada tiang dalam tendernya.

“Kami KPU sudah memberikan lokasi pemasangan. Hanya saja semua pelaksanaan tender sesuai dengan prosedur,” pungkasnya. (feb)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*