Pasal Tentang Politik Uang Multitafsir, Bawaslu Atur Lebih Rinci

Pasal Tentang Politik Uang Multitafsir, Bawaslu Atur Lebih Rinci

IndoElection.com, Jakarta – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Muhammad menganggap hasil akhir revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah sudah cukup menjelaskan perihal politik uang. Namu, ada beberapa hal yang perlu disempurnakan dalam aturan teknisnya.

“Misal, uang makan, uang transport, baju kaus tidak dikategorikan sebagai politik uang,” ujar Muhammad di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Namun, lanjut dia, pengaturan soal politik uang masih berpotensi multitafsir. Bawaslu pun diberi tugas oleh Komisi II DPR dan pemerintah untuk menjelaskan lebih teknis kriteria yang lebih rinci.

“Misalnya uang makan layak seseorang untuk mendengarkan kampanye itu berapa,” kata dia.

Muhammad menambahkan, Bawaslu berencana mengundang lembaga-lembaga terkait yang lebih berkompetensi membahas terkait hal tersebut agar memenuhi kriteria yang ideal. Sejumlah ketentuan yang akan dibuat lebih rinci adalah soal nominal uang transportasi, uang konsumsi, hingga uang pembuatan materi kampanye.

“Atau berapa sih idealnya biaya pengganti transport seseorang dari satu titik ke titik lainnya,” sambung dia.

Ia menargetkan, peraturan Bawaslu terkait kategorisasi politik uang dapat diselesaikan selambat-lambatnya sebulan ke depan, sebelum Hari Raya Idul Fitri tiba.

“Kami dengarkan referensinya. Mana lembaga yang bisa kita dengarkan masukannya. Kan masing-masing lembaga punya kewenangan,” kata dia.

Revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah disepakati untuk disahkan menjadi UU. Meski masih ada sejumlah perdebatan di dalam pengesahan tersebut, namun sidang paripurna yang dilangsungkan, Kamis (2/6/2016) tetap mengesahkan revisi itu.

Menurut Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman, setidaknya ada 17 poin substansi penting di dalam pembahasan revisi UU Pilkada. (dik)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*