Panwaslu Kuansing Tolak Gugatan Indra Putra – Komperensi

Panwaslu Kuansing Tolak Gugatan Indra Putra – Komperensi

IndoElection.com, Kuansing – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kuantan Singingi (Kuansing) mengabulkan seluruh eksepsi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kuansing sebagai pihak termohon dalam perkara sidang sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Jumat (11/9/2015) sore. Sementara, pihak pemohon adalah Indra Putra – Komperensi (IKO).

“Menolak gugatan pemohon seluruhnya dan menyatakan sah keputusan KPU Kab.Kuansing Nomor : 72/Kpts/KPU-Kab-004.435177/tahun 2015,” ujar Pimpinan Musyawarah, Alpias ST.

SK yang dimaksud Alpias berkenaan tentang penetapan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada 2015.

Salah satu yang menjadi dasar Panwaslu dalam menolak gugatan IKO adalah Peraturan Bawaslu nomor 8 tahun 2015 tentang tatacara penyelesaian sengketa Pilkada. Pimpinan musyawarah menilai gugatan IKO sudah melebihi batas waktu sebagaimana yang diatur Perbawaslu.

“Dalam peraturan tersebut, pasangan calon diberi waktu tiga hari setelah keputusan tersebut dibuat untuk melaporkan ke Panwaslu,” ujar Alpias. Sementara itu, gugatan IKO ter-register pada 24 Agustus dan baru dilengkapi pada 30 Agustus.

“Jika ada pihak-pihak yang dirugikan atas keputusan ini, kita mempersilahkan untuk melanjutkan ke tingkat lebih tinggi,” ujar Alpias usai persidangan.

Dalam sidang sengketa dengan agenda pembacaan putusan ini, pemohon dihadiri oleh Komperensi dan Masdar. Sementara, pihak termohon dihadiri oleh Ketua KPU Kuansing Firdaus Oemar beserta anggota dan didampingi kuasa hukum Mayandri Suzarman. Sedangkan pihak terkait dalam hal ini pasangan Mursini – Halim dikuasakan kepada Zubirman, SH. (dik)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*