Panwaslih Morowali Kabulkan Gugatan Paslon Sutrisno-Kristina

Panwaslih Morowali Kabulkan Gugatan Paslon Sutrisno-Kristina

IndoElection.com, Morowali – Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Paswaslih) Kabupaten Morowali Utara mengabulkan permohonan pasangan calon bupati dan wakil bupati jalur Independen Sutrisno N. Sembiring dan W. Kristina Parinsi.

Dalam keputusannya, Panwaslih memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morut untuk mencabut Keputusan KPU No : 25/Kpts/KPU-Kab-024-433155-MU/2015 tanggal 24 Agustus, tentang penetapan pemohon sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Morut, yang tidak memenuhi syarat pada pemilihan kepala daerah Desember mendatang.

Keputusan itu dibacakan oleh tiga anggota Panwas Morut secara bergantian yang diawali oleh Ketua Panwas Muhamad Lutfi dalam Sidang Putusan di kantor Panwas Morut di Jalan Jendral Sudirman, Senin (7/9/2015).

Ketua Panwas Morut, Muhamad Lutfi sesuai sidang putusan tersebut mengemukakan, pasangan independen Sutrisno N. Sembiring dan W. Kristina Parinsi tidak dapat lolos, karena kekurangan 2 KTP (Kartu Tanda Penduduk). Sehingga mereka ajukan gugatan terhadap KPU Morowali Utara, hingga keputusan Panwas Morut mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya.

“Kami sudah meneliti keberatan pasangan calon Independent tersebut, ternyata hanya keterlambatan penyampaian syarat calon LO (Penghubung Calon) kepada KPU Morowali Utara, dan tidak adanya pemberitahuan secara tertulis dari pihak termohon (KPU) Morut sehingga kami kabulkan permohonan pemohon tersebut,” kata Muhamad Lutfi.

Dengan demikian, Panwas memerintahkan kepada KPU Morut untuk menetapkan pasangan Sutrisno N. Sembiring dan W. Kristina Parinsi sebagai pasangan calon bupati dan wakil Bpati Morowali Utara tahun 2015, serta meminta KPU Kabupaten Morowali Utara untuk melaksanakan keputusan tersebut.

Sementara itu, simpatisan pasangan calon Independen yang sudah tidak sabar menunggu sidang putusan itu pada detik-detik palu putusan itu diketuk dan menyatakan permohonan dikabulkan, spontan saja simpatisan dan pendukung pasangan Sutrisno-Kristina itu langsung memeluk sambil diringi isak tangis memberi selamat atas keberhasilan perjuangan mereka. (feb)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*