Panwas Situbondo Stop Laporan Dugaan Pelanggaran HAFASS

Panwas Situbondo Stop Laporan Dugaan Pelanggaran HAFASS

IndoElection.com, Situbondo – Laporan dugaan pidana Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Abdul Hamid Wahid dan Akhmad Fadil (HAFASS), ternyata tidak dapat dilanjutkan atau diproses.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Murtapik, salah seorang anggota Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Situbondo, 29 September 2015.

Menurutnya, laporan yang disampaikan Djunaidi dan beberapa orang anggota LSM Gempur tidak dapat ditindak lanjuti karena tidak memenuhi syarat formil.

Dalam laporannya, Djunaidi hanya menyertakan nama Fatah Yasin dan menyebut kalau dia wakil direktur Perusda Banongan. Sedangkan unsur dugaan pelanggaran Fatah Yasin, tim kampanye atau paslon nomor urut dua tidak pernah disertakan.

“Kasusnya tidak bisa diproses, karena harus ada unsur pelanggarannya dulu. Dalam PKPU adalah keterlibatan orang saat kampanye,” jelasnya.
.
Selain itu, kata Murtapik, syarat yang paling penting dalam laporan itu juga tidak terpenuhi, yakni saksi terkait keterlibatan Fatah Yasin tersebut.

“Saksinya juga tidak ada. Katanya ada rekaman video, tetapi sampai batas waktu berakhir, rekaman itu tidak ada,” tukasnya.

Dijelaskan, batas waktu laporan dugaan pelanggaran itu dibatasi lima hari. Tiga hari digunakan untuk melengkapi unsur-unsur dugaan pelanggaran, sedangkan dua hari digunakan untuk meminta keterangan tambahan.

“Sampai lima hari ditunggu, syarat dugaan pelanggaran baik formil maupun materiil tidak pernah ada dan saksi juga tidak ada. Jadi dugaan pelangaran yang mengarah pada pidana tersebut tidak bisa diproses,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pimpinan LSM di Situbondo mendatangi kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Situbondo, Senin (14/09/2015)

Mereka melaporkan dugaan pelanggaran pidana yang dilakukan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Abdul Hamid Wahid dan Ackmad Fadil (HAFASS). (dik)

Categories: Delik

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*