Panelis Anggap Debat Kandidat Cabup Gowa Tidak Menarik

Panelis Anggap Debat Kandidat Cabup Gowa Tidak Menarik

IndoElection.com, Gowa – Salah satu anggota tim panelis debat kandidat bupati Gowa Arqam Azikin menilai debat yang digelar KPU Gowa tidak menarik.

“Banyak penonton TV dan peserta tadi di lokasi debat dari tim paslon mempertanyakan, mengapa Panelis tidak bertanya dan menanggapi ke calon-calon bupati. Itulah yang kurang menarik pada proses dabat calon kali ini,” kata dosen Universitas Universitas Muhammadiyah (Unismuh), Senin (14/9/2015).

Arqam bahkan mengimbau kepada KPU RI agar mengembalikan proses debat seperti pilkada 2010 lalu.”Fungsi panelis memberikan pertanyaan, menanggapi dan memberi masukan kepada paslon Kepala daerah,” pungkasnya.

Selain itu, Arqam juga berharap proses debat lebih menarik lagi, waktu dalam memberikan jawaban setiap paslon ditambah lagi. Dan juga pada sesi saling bertanya sesama calon, juga perlu tambahan waktu.

“Beberapa calon sudah menjawab dan menyampaikan programnya sudah detail, namun masih ada juga calon yang belum menjawab pertanyaan dgn detail programnya. Untuk maksimalnya, agar paslon persiapkan diri lagi hadapi debat sesi kedua di bulan Oktober,” ujar Arqam.

Diketahui, ada lima panelis dari lintas universitas negeri dan swasta yang ditunjuk oleh KPUD Gowa sebagai panelis dalam debat. Seperti, dosen Unhas Adi Suryadi Culla, Arqam Azikin (Unismuh), Sabri (UIN), Jayadi Nas, serta satu akademisi dari UNM.

Namun, saat pemaparan visi-misi calon hanya Jayadi Nas yang terlibat langsung memberikan pertanyaan pada kandidat. Sementara, 4 panelis lainnya hanya sebatas memberikan masukan. (feb)

Categories: Kampanye
Tags: #PilkadaGowa

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*