Mendagri: Pilkada Serentak Akan Berjalan Mulus

Mendagri: Pilkada Serentak Akan Berjalan Mulus

IndoElection.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengungkapkan, dari kaca mata pemerintah, Pilkada serentak yang akan diikuti 269 daerah tetap akan berjalan mulus. Indikatornya, bahwa semua tahapannya sudah berjalan sesuai peraturan KPU dan penjabaran Undang-Undang.

Pernyataan tersebut diungkapkannya pada acara Seminar Sekolah Sespimmen Polri dengan tema ‘Pilkada Serentak, Permasalahan dan Pemecahannya, di Auditorium STIK-PTIK, Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (6/10).

Tjahjo optimistis Pilkada serentak tersebut akan berjalan lancar, termasuk tiga daerah yang mengusung calon tunggal. “Pilkada calon tunggal tinggal nanti perumusan KPU dikonsultasikan dengan komisi II DPR RI,” kata pria berusia 57 tahun tersebut.

Tjahjo melanjutkan, semua komponen masyarakat harus terlibat agar Pilkada Serentak benar-benar berjalan sesuai rencana. “Perlu adanya deteksi dini dari kepolisian, kemudian dengan kontrol masyarakat, partai politik juga menyiapkan calonnya termasuk pers semua punyai agenda. Maka dari itu, Pilkada akan berjalan aman,” tambah Tjahjo.

Pria lulusan Universitas Diponegoro itu pun mengungkapkan, wajar saja jika ada potensi konflik. Akan tetapi dengan adanya deteksi dini, potensi konflik sangat kecil.

“Soal ada potensi konflik wajar, saya kira dengan deteksi dini ini untuk meminimalisir kemungkinan adanya potensi konflik,” kata Tjahjo. (feb)

Categories: Eksekutif

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*