Masa Tenang Pilkada Gresik Mulai Diramaikan Politik Uang

Masa Tenang Pilkada Gresik Mulai Diramaikan Politik Uang

IndoElection.com, Gresik – Memasuki masa tenang selama tiga hari kedepan. Suhu politik pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), di Kabupaten Gresik semakin panas, sehingga menyebabkan money politic mulai marak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan. Beberapa orang mengaku mendapatkan duit, yang disebut-sebut berasal dari salah satu pasangan calon (Paslon), Calon Bupati dan Wakil Bupati Gresik.

Menurut salah satu warga yang tinggal di Kecamatan Gresik, dan minta namanya dirahasiakan menyebutkan, bahwa salah satu keluarganya sudah menerima uang pecahan Rp 50 ribu sebanyak dua lembar pada saat menyerahkan formulir form C6 (undangan). “Yang membagikan uang sangat terang-terangan dan malah minta jangan lupa 9 Desember 2015 mencoblos nomor ini,” ujarnya, Minggu (6/12/2015).

Selain itu, informasi yang dihimpun juga menyebutkan, dugaan money politic tidak hanya berupa uang. Sebagian warga ramai dengan pengakuan, telah mendapat sembako dari salah satu paslon.

Menanggapi mulai adanya money politic. Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Gresik, Haryanto mengatakan, pihaknya akan segera menelusuri informasi terkait adanya dugaan money politik tersebut. “Kami segera menelusurinya asal ada saksi yang mau melapor,” katanya.

Ia menambahkan, dirinya menghimbau kepada masyarakat yang mengetahui, atau menerima pemberian uang maupun barang dari salah satu paslon, agar tidak takut melapor ke Panwaslih Gresik.

“Kami juga melakukan upaya pencegahan dengan memasang spanduk tentang larangan money politik. Spanduknya sudah kami pasang,” ungkapnya. (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*