Lelang Logistik Pilkada Klaten Dilakukan Lewat Layanan Elektronik

Lelang Logistik Pilkada Klaten Dilakukan Lewat Layanan Elektronik

IndoElection.com, Klaten – Lelang pengadaan logistik surat suara untuk Pilkada 2015 sudah dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU). Peserta lelang dapat melihat lewat Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Untuk lelang KPU Kabupaten Klaten melalui laman http://lpse.klatenkab.go.id.

”Sejak dibuka pengumuman lelang pertengan Oktober lalu, sudah ada 29 peserta lelang yang mengikuti. Nanti, evaluasi sampai 30 Oktober dengan sistem gugur,” kata Sigit Gatot Budiyanto, Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Klaten, Sabtu (24/10).

Menurut Sigit, anggaran pengadaan surat suara berasal dari APBD 2015. Adapun nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sekitar Rp 322,5 juta, atau tepatnya Rp 322.435.960. Sedang nilai pagu pengadaan surat suara Rp 544.506.250.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, Siti Farida, menambahkan, regulasi pengadaan surat suara sesuai Peraturan KPU (PKPU) No 6 Tahun 2015. Isinya, menerangkan tentang norma, standar, prosedur, kebutuhan pengadaan, dan pendistribusian perlengkapan penyelanggaraan pilgub, pilbup, dan pilwakot.

Sebelum dilelang, KPU sudah melalui persetujuan dari masing-masing tim paslon, tentang desain (surat suara). Selain itu, jumlah surat suara yang dicetak total dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah dua persen sebagai cadangan. Ini tujuannya untuk antisipasi keadaan darurat pada hari H pencoblosan, agar tidak terjadi kekurangan surat suara.

Pengesetan
KPU Kota Solo juga mulai menyiapkan logistik Pemilu. Logistik yang disiapkan diantaranya berupa sampul, formulir, tinta, alat tulis kantor dan surat suara. ”Kemarin kami sudah menyelesaikan pengesetan sampul untuk 1.000 TPS. Total ada 15 ribu set sampul yang harus disiapkan,” kata Komisioner Divisi Logistik KPU Solo, Suryo Baruno.

Setiap TPS akan menerima 15 lembar sampul yang terdiri tujuh jenis. Seperti, sampul surat suara, formulir-formulir dan surat suara yang tidak terpakai. Adapun surat suara, saat ini masih dalam proses approvel (persetujuan). Proses approvel membutuhkan waktu lantaran dalam dua rapat approvel berakhir deadlock.

Untuk tinta sudah ada pemenang lelang dari Kabupaten Klaten. Tetapi. barangnya belum bisa dikirim. Tiap TPS akan menerima dua botol tinta suara. Sehingga total yang disiapkan 2.000 botol. Setelah surat suara selesai dicetak, Suryo berharap pelipatan surat suara sudah bisa dilakukan pertengahan November mendatang. (feb)

Categories: Penyelenggaraan

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*