KPU Peringatkan Paslon Copot Atribut Kampanye Pribadi

KPU Peringatkan Paslon Copot Atribut Kampanye Pribadi

IndoElection.com, Sekadau – Sesuai peraturan KPU, pemasangan alat peraga kampanye (APK) akan dibiayai pemerintah. Titik pemasangannya pun ditentukan oleh KPU dan pemerintah. Sementara APK milik pribadi masing-masing paslon yang masih terpasang harus dicopot.

Komisioner KPU kabupaten Sekadau, Tohidin mengatakan, pihaknya sudah menyurati masing-masing tim pemenangan cabup-cawabup. Berdasrakan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2015 Pasal 68 ayat 1,2 dan 3 tentang, pasangan calon atau tim Kampanye dilarang mencetak dan menyebarkan bahan kampanye selain yang diperbolehkan sebagaimana dimaksud dalam pasal 26 ayat (1).

“Pasangan calon atau tim kampanye dilarang mencetak dan memasang alat peraga kampanye selain pada tempat yang telah ditentukan. Dan juga dilarang memasang iklan kampanye di media cetak, dan media elektronik,” ungkap Tohidin pada Minggu (6/9/2015).

Tohidin mengatakan, apabila surat tersebut tidak diindahkan makan aka dikenakan sanksi peringtan tertulis. Perintah penurunan APK dalam waktu 1 x 24 jam.

Apabila pasangan calon tidak melaksankan ketentuan sebagamana dimaksud, Panwaslu kabupaten dan kecamatan akan berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja setempat untuk menurunkan APK.

Selain itu, bagi paslon yang melanggar atas kampanye di media cetak maupun elektronik akan dikenakan sanksi tertulis, bahkan bisa pembatalan sebagai calon. Sesuai pasal 73 ayat (1 dan 2 ) yang berbunyi, pelanggaran atas larangan ketentuan pemasangan iklan kampanye. (dik)

Categories: Kampanye

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*