KPU Kota Tangsel Temukan 4.000 DPS Ganda

KPU Kota Tangsel Temukan 4.000 DPS Ganda

IndoElection.com, Tangerang – KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai memperbaiki daftar pemilih sementara (DPS) ganda yang baru saja tercatat oleh Panwaslu setempat. Lebih dari 4.000 temuan DPS ganda tercatat Panwaslu dalam evaluasi DPS, Sabtu (19/9) lalu.

Ketua Pokja Data Pemilih KPU Kota Tangsel, Achmad Mudjahid Zein, mengatakan perbaikan DPS berlangsung hingga 25 September mendatang. Selain data dari Panwaslu, KPU akan menerima masukan data dari tim pasangan calon (paslon) nomor urut dua, Arsid – Elvier Ariadiannie sebagai bahan perbaikan.

“Data dari Panwaslu sudah kami terima dalam bentuk by name by address, sehingga bisa diserahkan langsung kepada petugas pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilih kecamatan (PPK). Dari situ mereka langsung mencocokkan dengan kondisi lapangan,” jeals Zein, Senin (21/9).

Bahan evaluasi data dari tim paslon nomor urut dua baru akan diserahkan pada 22 September. Sementara itu, tim paslon nomor urut satu, Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra dan paslon nomor urut tiga, Airin Rachmi Diany-Benyamin Davnie, tidak menyampaikan evaluasi.

Zein melanjutkan, rekapitulasi perbaikan DPS oleh PPS dijadwalkan pada 28 September. Pada 30 September, rekapitulasi DPS digelar di tingkat kecamatan.

“Daftar pemilih tetap (DPT) rencananya dilakukan pada 2 Oktober mendatang. Jika memang masih ada perbaikan, sebaiknya masyarakat segera menyampaikan hingga 25 September ini,” tambahnya.

Panwaslu Kota Tangsel menemukan lebih dari 4.000 pemilih ganda dalam verifikasi DPS akhir pekan lalu. Pemilih ganda tercatat di sebagian besar TPS di empat kecamatan. Verivikasi DPS tiga kecamatan lain hingga saat ini masih berlangsung.

Berdasarkan rekapitulasi data DPS pada awal bulan ini, jumlah pemilih Pilkada Tangsel sebanyak 939.674. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan pemilih pada Pilpres 2014 sebanyak 1.164.965.

Dari jumlah DPS tersebut, tercatat 468.397 pemilih laki-laki dan 471.277 pemilih perempuan. Seluruh pemilih berasal dari 54 kelurahan di tujuh kecamatan Kota Tangsel. Jumlah seluruh TPS yang tersedia di seluruh Kota Tangsel sebanyak 2.245 tempat. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*