KPU Coret 11.588 Nama DPS Pilkada Klaten

KPU Coret 11.588 Nama DPS Pilkada Klaten

IndoElection.com, Klaten – Sebanyak 11.588 nama yang ada di Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Klaten 2015, terpaksa dicoret karena dinyatakan tidak memenuhi syarat. Nama-nama tersebut dicoret karena meninggal dunia, terdaftar ganda, pindah domisili, telah berganti status menjadi TNI/Polri atau sebab lain.

Dengan demikian, jumlah pemilih yang ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten sebanyak 1.037.875 orang. Penetapan DPT Pilkada Klaten 2015 dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang digelar di aula Kantor KPU Klaten, Kamis (1/10).

Kegiatan itu dihadiri seluruh Komisioner KPU, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), tim pemenangan dari tiga pasangan calon peserta Pilkada Klaten, dan pihak terkait.

”Setelah dilakukan verifikasi nama-nama dalam DPS, akhirnya ada 1.037.875 nama pemilih yang masuk dalam DPT. Jumlah itu terdiri atas 506.594 pemilih laki-laki dan 531.281 perempuan,” kata Ketua KPU Klaten Siti Farida kepada wartawan selesai rapat pleno penetapan DPT, kemarin.

Sebelumnya, telah dilakukan penetapan DPT di tingkat desa oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), 27-28 September, dan penetapan DPT tingkat kecamatan oleh PPK, 29-30 September. Pemilih tersebar di 391 desa, 10 kelurahan di 26 kecamatan di Klaten. Mereka akan memberikan suaranya di 1.880 TPS.

”DPT Pilkada 2015 akan diumumkan kepada masyarakat di papan pengumuman desa/kelurahan bahkan sampai RT/RW. Masyarakat bisa melakukan pengecekan, apakah namanya sudah terdaftar atau belum. Bagi warga yang sudah memenuhi syarat tapi belum terdaftar, bisa lapor ke PPS,” tegas Siti Farida.

Meski sudah ditetapkan sebagai DPT, namun masih ada peluang perbaikan data. Pemilih yang belum terdaftar bisa dimasukkan ke Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) tahap I. Sayangnya, ada masyarakat yang enggan melakukan pengecekan DPT, apalagi melapor ke petugas bila namanya tidak ada. (feb)

Categories: Data Pemilih

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*