KPU Bakal Usul Untuk Permudah Syarat Calon Tunggal Pilkada

KPU Bakal Usul Untuk Permudah Syarat Calon Tunggal Pilkada

BeritaPrima.com, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik mengatakan, KPU akan mengusulkan persyaratan pencalonan kepala daerah jika terdapat calon tunggal dipermudah.

Usulan ini akan disampaikan melalui revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilu Kepala Daerah (Pilkada).

“Kami mengusulkan jika ada calon tunggal pengajuan calon dipermudah, minimal partai politik atau gabungan dapat mengusung calon dengan syarat punya kursi di DPRD dan tidak lagi dibatasi minimal 20 persen,” kata Husni, di Padang, Selasa (24/2/2016).

Menurut dia, setiap partai politik yang punya kursi di DPRD setempat memenuhi syarat untuk mengajukan pasangan calon.

Kemudian, jumlah dukungan calon perseorangan juga diperkecil syaratnya dari minimal tiga persen jumlah penduduk menjadi tiga persen dari jumlah pemilih sehingga jumlahnya berkurang.

Husni menjelaskan, calon tunggal terjadi jika hingga batas akhir pendaftaran calon hanya satu pasangan yang memenuhi syarat.

“Jika itu terjadi, calon tunggal tetap difasilitasi dalam kampanye dan dibuatkan format suara khusus,” kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi II DPR Lukman Edy menilai, partisipasi pemilih pada pilkada serentak 2015 berkurang karena materi kampanye diserahkan kepada KPU.

Baliho dan atribut dipasang oleh KPU, apalagi dibebankan dari biaya negara, ke depan harus dikembalikan kepada kandidat.

Lukman juga mengkritik aturan calon kepala daerah yang berstatus sebagai anggota legislatif, PNS, TNI dan Polisi yang wajib mundur ketika mencalonkan diri.

“Aturan ini harus diubah karena partisipasi calon menjadi rendah dan menghambat rekrutmen kader pemimpin bangsa,” ujar dia. (dik)

Categories: Regulasi Pilkada

Write a Comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*